oleh

Bupati Pemalang : Kawal Pelaksanaan Program Mulai Dari Perencanaan

PEMALANG (g-news) – “Perencanaan pembangunan memiliki peranan yang sangat penting dalam keseluruhan proses pembangunan. Dengan kata lain, keberhasilan proses pembangunan yang kita laksanakan, banyak ditentukan sejak dari proses perencanaannya. Karena segala hal yang menyangkut proses pembangunan ditentukan, dihitung dan dianalisis dalam proses Perencanaan.”

Kalimat tersebut adalah sebagian sambutan bupati Pemalang H. Junaedi yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah kabupaten Pemalang Budhi Rahardjo, saat membuka Rapat Koordinasi Forum Perangkat Daerah Kabupaten Pemalang Tahun 2018, Senin (26/02).

Dilanjutkan oleh Sekda Pemalang, bahwa dalam proses perencanaan tersebut, mengingat begitu pentingnya proses perencanaan pembangunan, maka diperlukan pengetahuan, pemahaman dan menguasai mekanisme perencanaan pembangunan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, diantaranya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dengan demikian, pemerintah daerah dapat menyusun suatu perencanaan pembangunan yang efektif, efisien dan proporsional.

Terkait dengan perencanaan pembangunan tahun 2019 dan capaian kinerja tersebut diatas, perlu diingatkan kembali bahwa tema pembangunan daerah Kabupaten Pemalang tahun 2019 adalah “Peningkatan daya saing daerah, Pelayanan Publik dan Partisipasi Pembangunan menuju Pemalang berdaulat”.

Sejalan dengan tema tersebut, bupati Pemalang menegaskan kembali kepada segenap Kepala Perangkat Daerah agar dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan tahun 2019, untuk memperhatikan hal hal bahwa Tahun 2019 adalah tahun ke empat tahap pelaksanaan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pemalang, oleh karena itu agar dalam penyusunan program dan kegiatan pembangunan harus benar mampu mengakomodasi kebijakan kepala daerah sesuai bidang tugas masing-masing OPD. Selanjutnya Laksanakan skala prioritas program dan kegiatan dengan mengacu pada agenda pembangunan daerah, sekaligus mencermati perkembangan ekonomi nasional utamanya efisiensi.

Baca Juga  Komunitas Vespa Pemalang Berikan Santunan Anak Yatim Piatu

Kepala OPD beserta jajarannya
terutama para Kepala Bidang dan Kasubag Bina Program, mulai dari proses perencanaan agar benar-benar mengawal pelaksanaan program dan kegiatan masing-masing OPD sejalan dengan capaian indikator RPJMD, sehingga secara optimal dapat mendukung tercapainya visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

Rapat Koordinasi OPD dihadiri oleh Sekda kabupaten Pemalang Budhi Rahardji, Kakesvanglinmaapol Purjanto, Kasatpol PP, para OPD kabuoaten Pemalang, Vamat se kabupaten Pemalang dan delegasi kepala desa/lurah se kabupaten Pemalang. (nfp)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed