oleh

Bupati Pemalang Hadiri Panen Raya di Kecamatan Taman

Pemalang – Panen raya, Selasa (30/3/2021), digelar di Dukuh Siambeng Karanganyar 3, Desa Kedungbanjar Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan Wakil Bupati Mansyur Hidayat, Forkompica Taman, Dinas Pertanian, Kepala Desa Kedung Banjar serta instansi terkait

Dalam sambutannya Bupati Pemalang mengapresiasi digelarnya panen raya tersebut. Menurutnya, Pemalang bisa menjadi salah satu kabupaten yang bisa menjadi penyandang pangan untuk Provinsi Jawa Tengah (Jateng), terutama padi.

“Dengan perkembangan mutu padi yang ada di lahan ini, termasuk berpotensi besar untuk menjadi lumbung pangan, terlebih dengan perluasan dan penangananan yang maksimal,” kata Mukti Agung Wibowo.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat menghadiri Panen Raya di Kecamatan Taman (Foto: Istimewa)

Untuk itu, Mukti Agung mengatakan, pihaknya akan melaksanakan penanganan pertanian lebih lanjut bersama jajaran baik Dinas Pertanian, Diskoperindag bersama membuat semacam Bulog untuk Pemalang, yang prosesnya mulai dari gabah sampai beras.

“Artinya kami mengharapkan semua hasil petani keluarnya beras yang bisa dinikmati masyarakat sendiri. Dengan begitu, jangan sampai petani ini menjual gabah,” tandasnya

Disinggung soal infrastruktur jalan yang menjadi akses petani, Mukti Agung berjanji akan sesegera mungkin memperbaikinya.

Seperti diketahui, Kabupaten Pemalang merupakan salah satu daerah penyangga pangan di Provinsi Jawa Tengah, khususnya beras. Terbukti dengan luas baku tanah, 36, 934.4 Ha (data BPS 2020) selain beras yang menjadi komoditas pangan utama, Kabupaten Pemalang juga memiliki komoditas strategi lainya, seperti komoditas holtikultura di antaranya bawang merah, cabe besar, nanas, mangga, dan durian.

Sedangkan pada komoditas perkebunan utama,  terdapat cengkeh, teh, kopi arabika, kopi robusta, serta tembakau rakyat, berbagai komoditas. Potensi, pangan pertanian tersebut, merupakan tumpuan dalam menjaga ketersediaan dan cadangan pangan di Kabupaten Pemalang.

Baca Juga  Tim Tupai Polres Bateng Tangkap Pencuri HP di Lubukbesar

Salah satu upaya pemerintah dalam mendukung usaha di bidang pertanian beruoa fasilitas bantuan benih, pupuk, pestisida, alsintan sampai dengan saluran irigasinya. Selain upaya tersebut, peranan pendampingan penyuluhan pertanian lapangan, juga sangat penting agar petani dapat menentukan hasil produksi pertanian di masa mendatang. (RedG/Rokhim)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed