oleh

Bupati Cek Langsung TPS Pilkades Serentak Tahap Akhir

Pemalang – Bupati Pemalang H. Junaedi didampingi oleh kepala dinas Permades Kabupaten Pemalang Tetuko Rahardjo, melakukan cek lapangan keberbagai TPS dalam Pemilihan Kepala Desa tahap X yang merupakan pelaksanaan tahapan terakhir dari X tahapan yang direncanakan, sabtu 3/10/2018.

 

Cek lapangan di lakukan di TPS desa Semingkir, desa Karangmoncol, Desa Randudongkal kecamatan Randudongkal, Desa Sikasur kecamatan Belik, Desa Wangkelang kecamatan Moga, Desa Mereng, Desa Cibuyur kecamatan Warungpring.

Ada beberapa hal yang dilakukan bupati Pemalang selain pengecekan secara acak perangkat yang akan digunakan dalam Pilkades besok pagi, minggu (4/10/2018) adalah kesiapan para petugas TPS.

Bupati mengetes beberapa petugas TPS yang ditemui mengenai pengetahuan dan pemahaman dalam pelaksanaan Pilkades besok pagi. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan antara lain kenapa ketika memencet atau menyentuh layar lantas keluar perintah ulangi lagi, beberapa petugas yang ditemui ada yang mampu menjelaskan dengan baik, karena yang di sentuh pilihan tidak, sehingga pemilih diminta mengulangi pilihan lagi dan di akhiri dengan ya. Akan tetapi ada pula petugas yang masih belum lancar menerangkan dengan alasan grogi.

Selain itu bupati juga menanyakan kepada petugas di bagian bilik suara, apabila pemilih salah pencet pilihan dan sudah mengakhiri pilihan dengan keluarnya print out barcode, bagaimana mengatasinya. Beberapa ada yang menjawab dengan tepat yaitu pemilih yang telah melakukan pilihan dan sudah keluar print out barcode sudah tidak dapat diralat dan itu merupakan resiko yang ditanggung oleh pemilih. Apabila akan meralat pilihan yang salah dapat memencet tidak sehingga pilihan dapat diulang lagi.

Selain itu, Bupati juga mengevaluasi dan memberi masukan mengenai layout atau tata letak TPS yang digunakan.

Baca Juga  Pedagang Lontong Sayur Diterima Bupati Pemalang

16 (enam belas) Desa dari 4 kecamatan yang melakukan pilkades serentak tahap X merupakan bagian akhir dari 172 desa di Kabupaten Pemalang yang melaksanakan Pilkades.

Dalam cek langsung ke TPS. Malam ini (sabtu, 3/10/2018), Bupati Pemalang optimis bahwa pelaksanaan Pilkades tahap terakhir ini dapat terlaksana dengan baik, aman, tertib dan lancar. (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed