oleh

Bupati Bateng Sematkan Pin Purna Duta Pancasila

Bangka Tengah– Penyematan Pin serta penyerahan Piagam Purna Duta Pancasila dilakukan secara langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., diselenggarakan oleh Bakesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara virtual di ruang rapat VIP ,Jumat (01/10/2021).

Algafry Rahman menyematkan pin secara simbolis kepada dua orang perwakilan dari pasukan Paskibraka Bangka Tengah. Penyerahan Piagam Purna Duta Pancasila diberikan kepada 42 orang yang tergabung dalam Pasukan Paskibraka Tahun 2021.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang mengatakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bisa menjadi benteng dan sekaligus pelopor penangkalan ideologi-ideologi asing yang tidak sesuai dengan Ideologi Bangsa Indonesia.

Setelah ditetapkan sebagai duta Pancasila, maka mereka memiliki tugas sebagaimana yang melekat pada diri mereka, diantaranya adalah sebagai mediator dan fasilitator dalam hal membudayakan nilai-nilai Pancasila, terutama bagi pemuda lainnya.

“Mereka merupakan utusan dari sekolahnya masing-masing, maka mereka juga nantinya akan membantu instansi pemerintah terkait terutama dalam hal pembudayaan nilai-nilai Pancasila itu,” tegas Yudian.

Ia menambahkan bahwa kolaborasi pembinaan ideologi Pancasila melalui Paskibra ini dipayungi oleh Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang pembinaan Ideologi Pancasila pada generasi muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.(RedG).

Penulis : Rizal Phalevi

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed