oleh

Bupati Bangka Tengah Tebar Benih Ikan Nila di Danau Pading

Babel – Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menebar 2000 benih ikan nila di Danau Pading Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, sebagai bentuk dukungan kepada para pokdarwis yang selalu siaga menjaga lokasi dan lingkungan Danau Pading.

“Tolong dijaga sebaik-baiknya agar ini dapat berkembang dan nanti bisa berkelanjutan.

“Kita pemerintah daerah akan terus mendukung, termasuk pakannya juga akan kita bantu,” ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Rabu (10/1/2024).

Ia mengatakan bantuan 2 set keramba jaring apung (KJA) HDPE, 3.128 ekor benih ikan nila hitam, 3.128 ekor benih ikan nila merah yang sebelumnya telah disebarkan pada 2023 lalu.

“Serta 2.120 kg pakan ikan tahun anggaran 2023 kepada Pokdakan Pading Jaya Lestari, dengan total anggaran bantuan ini senilai 370 juta rupiah,” ucapnya.

Ia menjelaskan penebaran benih ikan nila hitam sebanyak 2.000 ekor di keramba jaring apung milik pokdakan Pading Jaya Lestari Desa Perlang.

“Anggota dari pokdakan Pading Jaya Lestari ini juga merupakan para anggota Pokdarwis Danau Pading,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap jika sudah panen nanti pokdakan Pading Jaya Lestari dapat mengelola hasil panennya sebaik mungkin.

“Kita sarankan kepada teman-teman pokdakan tadi jangan sampai nanti pengolahannya itu tidak baik,” jelasnya.

Ia juga menambahkan kalaupun nantinya ada penghasilan, silakan disisihkan. Dan sebagai sarana untuk belajar bagaimana mengelola sebuah usaha,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Arif mengatakan sangat mengapresiasi Kabupaten Bangka Tengah dengan aksi penebaran benih ikan di Danau Pading desa wisata bekas tambang.

“Kami sangat mengapresiasi Kabupaten Bangka Tengah yang sudah berhasil dalam rangkaian mewujudkan dan mengintegrasikan sektor perikanan dengan sektor pariwisata.

Baca Juga  Polsek Selogiri Kedatangan Petualang Asal Negeri Pizza Italia

Lanjutnya, ini salah satu bukti konkret yang sudah dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya akan terus melihat potensi perikanan di setiap kabupaten/kota di wilayah Bangka Belitung.

“Kita akan melihat kekuatan masing-masing daerah kabupaten/kota yang tersebar di Babel, sehingga budidaya perikanan ini akan kita kuatkan,” imbuhnya (RedG /**).

Komentar

Tinggalkan Komentar