oleh

Bupati Bangka Tengah Kunjungi PT Timah Terkait Pembangunan Rumah Swadaya Desa Kurau

Pangkal Pinang — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat ini tengah berproses dalam melakukan penataan perumahan kumuh dan permukiman kumuh terutama di Desa Kurau dan Kurau Barat, di pesisir yang terkena dampak dari program Penataan Kawasan Kumuh.

“Ini merupakan kedua kalinya kami memaparkan program ini dengan PT Timah terkait hal ini.

“Kita berharap ada kolaborasi dengan PT Timah, didalam pembangunan 119 unit rumah masyarakat di pinggiran Sungai Kurau yang terkena dampak relokasi,” ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman,.Kamis 14 Maret 2024.

Ia menjelaskan ada beberapa item dalam satu unit yang butuh dukungan dari pihak ketiga.

“Sehingga untuk mewujudkan program ini, tentunya kita butuh kolaborasi dari stakeholder terutama hari ini yakni PT Timah melalui divisi CSR-nya,” ucapnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat menganggarkan harga satuan untuk pembangunan rumah adalah Rp 70 juta/unit.

“Terdapat kekurangan sekitar Rp19.360.000 untuk mewujudkan hal tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, dengan tertatanya perumahan serta permukiman masyarakat ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Baik itu dari segi perekonomian maupun kesehatan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Perhubungan, Fani Hendra Saputra mengungkapkan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan.

“Kolaborasi dengan stakeholder baik itu internal maupun eksternal perlu dilakukan dalam melakukan penataan perumahan kumuh dan permukiman kumuh,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) serta balai wilayah sungai dalam melakukan pembenahan perumahan dan permukiman kumuh,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar