oleh

Bupati Bangka Tengah, Kades Garda Depan Pembangunan

Bangka Tengah – Sebanyak 27 Kepala Desa terpilih masa jabatan 2022-2028 se-Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) resmi dilantik oleh Bupati Algafry Rahman di Gedung Serba Guna Selawang Segantang, Rabu (27/07/2022).

Diketahui sebelumnya, Kabupaten Bateng melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 tepatnya pada 22 Juni 2022 lalu serta diikuti sebanyak 29 desa dari 6 kecamatan.

Bupati Algafry mengatakan, angka partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Desa tahun 2022 sangat tinggi. Ini menandakan kesadaran demokrasi dan harapan terhadap pemimpin di desa sangat besar.

“Kepala desa memiliki tugas yakni menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” ucapnya dihadapan para Kades terpilih.

“Kepala Desa juga memiliki tugas yang besar, tidak hanya fokus pada program yang ditawarkan serta nominal anggaran yang diusulkan ke pemerintah kabupaten. Namun idealnya, Kades harus mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan lagi budaya gotong royong,” sambungnya.

Algafry menekankan, Kepala Desa diwajibkan mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen terhadap janji yang dituangkan dalam visi dan misinya, juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam mewujudkan Bangka Tengah semakin unggul.

“Dalam kewenangannya yang tertuang dalam peraturan desa, Kepala Desa mengatur kehidupan masyarakat. Dengan kewenangan tersebut, Kepala Desa semestinya bisa lebih kreatif guna mewujudkan harapan masyarakat,” ucap Bang Ayi sapaan akrabnya.

“Terpilihnya Bapak/ Ibu sebagai Kepala Desa sebagaimana tugas pokoknya adalah pelayanan publik, diharapkan mampu mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan perubahan yang lebih baik. Mari tunjukkan bahwa kepentingan masyarakat harus menjadi prioritas kita dalam bekerja,” ajak Algafry.

Selanjutnya, Ia berpesan kepada Kades yang baru dilantik, jadilah seperti “udara” yang selalu ada di mana-mana, tidak ada diskriminasi tempat maupun masyarakat.

Baca Juga  Cegah Covid-19, Pasar Jenar Desa Kalimas Setiap Hari Jumat Libur

“Tetap memegang amanah, dekat dengan rakyat, mampu memahami serta menyerap aspirasi untuk menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat,” pesan Algafry.

“Selamat kami ucapkan kepada Kades terpilih hari ini, selamat bekerja dan bertugas. Segeralah menyesuaikan diri dengan rencana pembangunan desa yang sudah berjalan saat ini dan tetap ikut serta dalam proses pelaksanaannya sampai dengan proses evaluasi dan pengawasannya,” tutup Algafry.

Dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Forkopimda Bangka Tengah, para Asisten dan Staf Ahli Setda Bangka Tengah, Kepala OPD se-Kabupaten Bangka Tengah, Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Camat se-Kabupaten Bangka Tengah, Kades se-Kabupaten Bangka Tengah, Ketua BPD se-Kabupaten Bangka Tengah, Panitia Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2022 se-Kabupaten Bangka Tengah dan Kepala Desa Terpilih. (RedG /Rizal Phalevi)

Komentar

Tinggalkan Komentar