oleh

Buntut Teror di Mabes Polri, Kapolda Jateng Sidak dari Polda hingga Polres

Semarang – Mabes Polri digegerkan dengan orang bersenjata api yang masuk ke kawasan gedung Bareskrim di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) sore.

Dengan adanya kejadian itu, Polda Jawa Tengah meningkatkan pengamanan dimulai dari tingkat Polda hingga Polres. Hal itu dilakukan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi yang telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait kesiapsiagaan pengamanan untuk melihat langsung kesiapan personilnya di lapangan.

Sidak yang dilakukan oleh Kapolda Jateng itu di Polres Surakarta, Polres Boyolali dan Polres Salatiga.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengaku, sudah melakukan peningkatan keamanan sejak teror di Makassar. Menurutnya, pengamanan sebelumnya dilakukan di tempat ibadah dan tempat-tempat keramaian namun saat ini Markas Kepolisian di seluruh Jawa Tengah mendapatkan pengamanan yang ketat.

“Seluruh kantor Kepolsian dari tingkat Polsek, Polres, Polresta, Polrestabes Semarang dan Mapolda Jateng telah memperketat penjagaan, dengan mengawasi semua orang yang masuk sebagai tamu atau membutuhkan pelayanan Polri,” terang Iskandar.

Perihal penjagaan keamanan, Iskandar menegaskan, petugas penjagaan tidak akan segan melumpuhkan apabila ada orang yang bertindak mencurigakan masuk di lingkungan markas komando (mako).

“Personil penjagaan mako telah dilengkapi persenjataan dan peralatan lainnya untuk menseleksi setiap orang yang akan masuk ke kantor polisi, agar tak ada celah bagi pelaku teror yang coba-coba akan melakukan aksinya,” tegas Iskandar.

Untuk diketahui, Kapolda Jawa Tengah sebelumnya sudah melakukan instruksi kepada jajaran agar meningkatkan keamanan agar selalu waspada dan lebih di tingkatkan penjagaan kemanan mako serta mengawasi setiap orang masuk.

“Tentu saja dengan tetap melakukan patroli gabungan TNI-Polri untuk mengamankan tempat ibadah dan keramaian.” jelas Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Baca Juga  Bupati Tangerang Puas, Awal Tahun Pelayanan Publik Berjalan Baik
Kapolda Jateng saat sidak ke Polres-Polres di Jateng (Foto: Istimewa)

Kapolda Jateng mengimbau, agar masyarakat tidak perlu cemas dan apabila menemui orang yang mencurigakan agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian.

“Kami harus bersatu  melawan terorisme, atau apabila ada masyarakat yang menjumpai orang yang mencurigakan segera informasikan kepada pihak kepolisian,” imbau Luthfi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada seorang terduga teroris yang masuk kawasan Mabes Polri, dan melakukan serangan teror pada pukul 16.30 WIB.

Berdasarkan video yang beredar, ada seseorang yang mengunakan pakaian berwarna hitam panjang dengan penutup kepala berwarna biru. Orang tersebut sempat menodongkan senjata di arah petugas. Pelaku yang diduga adalah wanita itu, berhasil dilumpuhkan hingga tergeletak di halaman di dalam lingkungan Mabes Polri. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar