oleh

Budidaya Ikan Gurame Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Pemalang –  Ikan gurame (Osphronemus gouramy) menjadi salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia, Ikan air tawar satu ini ternyata juga memiliki harga yang lebih mahal dibanding ikan tawar jenis lainnya. Tak lain pastinya karena gurame bisa menjadi hidangan yang lezat, tak heran jika kemudian banyak orang yang melakukan Budidaya ikan gurame.

Seperti yang di lakukan Ibro, warga Randudongkal yang melakukan budidaya ikan gurame, Ikan gurame selain enak dan lezat juga mengandung gizi yang bagus untuk tubuh sehingga permintaan pasar terhadap ikan ini juga cukup tinggi. Apalagi ditambah harga jualnya yang juga cukup tinggi. Tentu bisnis ikan gurame ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Namun bukan tanpa kendala dalam melakukan bisnis ini, Ibro yang kolamnya berada di Desa Banjaranyar ini mengaku kesulitan melakukan pemijahan ikan gurame di Pemalang, di karenakan di Pemalang ini belum banyak komunitasnya, sehingga ketika mau konsultasi soal budidaya ikan, Ibro harus menghubungi komunitas yang ada di kabupaten Banyumas.

Ditanya soal peran pemerintah kabupaten Pemalang, terhadap budidaya ikan yang ia kelola, Ibro mengaku selama ini belum pernah ada dampak apapun.

“Ya selama ini saya konsultasi ke temen-temen Banyumas, karna saya pernah tanya atau menyampaikan keluhan saya kepada dinas perikanan Pemalang, mereka malah gak tau apa-apa, justru saya sering di bantu sama dinas perikanan yang ada di kabupaten tetangga” kata Ibro. Kamis 16/02/23.

Meskipun demikian Ibro tetap berupaya agar budidaya ikan gurame miliknya terus berkembang sehingga bisa menjadi contoh masyarakat lain untuk melakukan budidaya ikan gurame, mengingat usaha di bidang budidaya ikan ini cukup berpotensi cuan besar.(RedG/Lidin Cho)

Komentar

Tinggalkan Komentar