oleh

BRM Kusumo Putro : Kearifan Lokal Mengajarkan Manusia Menjaga Alam

-Sosok-40 views

Surakarta- Kearifan lokal adalah sesuatu yang dilakukan oleh para pendahulu yang mempunyai tujuan baik dalam segala aspek kehidupan. Perkembangan zaman yang semakin pesat menggerus warisan leluhur tersebut sehingga makin banyak ditinggalkan oleh generasi penerus. Tiap daerah mempunyai kearifan lokal yang jika tetap terus dijaga maka akan menghasilkan sebuah harmoni antara alam dan manusia.

Masyarakat Jawa adalah manusia yang selalu menjaga hubungan antara alam dan manusia agar selalu selaras,serasi dan seimbang.

Ketua Forum Budaya Mataram (FBM) BRM Kusumo Putro ,SH,MH, melakukan kegiatan melepas 2021 bibit ikan di kawasan Sungai Bengawan Solo, Jurug pada Kamis (31/12).

Kusumo, Jumat (1/1) mengatakan aksinya tersebut dalam rangka menjaga dan melestarikan kearifan lokal, ketika manusia menjaga alam maka akan ada sebuah keharmonisan dimana alam akan menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan manusia.

“Alam menyediakan manfaat, manusia harus menjaga alam dengan baik, masyarakat zaman dahulu selalu menjaga alam dan hubungan manusia dengan alam di masa lalu sangat baik,” katanya.

Kusumo berpendapat saat ini masyarakat banyak yang telah meninggalkan kearifan lokal.

“Saat ini masyarakat hanya mau menuntut kepada alam tanpa mau merawatnya. Kegiatan penebaran benih ikan kemarin adalah salah satu kearifan lokal tinggalan leluhur dalam hal ini masyarakat Jawa, dimana tradisi zaman dahulu ketika saat weton, hari ulang tahun, pergantian tahun, bulan yang dianggap berkah seperti Bulan Suro, Bulan Mulud dan saat perayaan hari besar keagamaan selalu menebar benih ikan baik di sungai, danau maupun laut,” jelasnya.

Selain ikan, tradisi zaman dahulu juga bisa berupa melepas burung ke udara dan melepas hewan ke hutan.

“Tujuannya selain menjaga keseimbangan alam juga memberikan kebebasan kepada hewan agar bisa mencari makan di alam dan bebas berkembang biak.Mereka akan mendoakan kita agar dipermudah segala urusan,” jelasnya.

Baca Juga  Cah Comal Comunity (C3) Berbagi Santunan Dan Takjil Ke Panti Asuhan dan Majlis Ta'lim Tarbiyatul Qur'an Pagergunung

Terkait Tahun Baru 2021, Kusumo berharap masyarakat selalu dilimpahkan kesehatan, kebahagiaan, keberuntungan dan semua yang diinginkan selalu dikabulkan Allah.

“Bangsa Indonesia di tahun 2021 harus menjadi bangsa yang besar dan disegani bangsa lain,” tutupnya.( RedG/Aris )

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed