oleh

BPBD, Lahan Bekas Tambang, di Belakang Pemkab Bateng, Segera Dimanfaatkan

Koba — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam waktu dekat ini akan memanfaatkan lahan bekas tambang timah, di belakang Perkantoran Pemerintah kabupaten Bangka Tengah (Pemkab) dengan penanaman pohon dan penebaran benih ikan.

Setelah kami lakukan pengecekan lokasi lahan bekas tambang itu ternyata bisa dimanfaatkan, dan rencananya akan kami manfaatkan untuk penanaman pohon serta pembibitan ikan khas Bangka.

“Bekas tambang itu kan sekarang sudah menjadi kolong, setelah kami cek ternyata itu bisa dimanfaatkan dengan penebaran bibit ikan, dan sudah kami koordinasikan dengan dinas Perikanan,” ujarnya Yudhi Sabara Kepala Dinas BPBD Bateng, Rabu (12/4/2023).

Selain pemanfaatan kolong dengan penyebaran bibit ikan, namun disekitarnya akan di laksanakan penanaman pohon.

“Secara besarnya akan manfaatkan dengan penanaman pohon, dan digunakan juga untuk tempat latihan dasar anggota BPBD,” tuturnya.

Masih kata Yudhi, tujuan dari pemanfaatan lahan ini untuk membantu Pemerintah Daerah menghijau kembali lahan-lahan bekas tambang.

“Intinya dari rencana ini untuk menghijaukan lahan bekas tambang, dan menjadikannya sebagai tempat pelatihan,” ucapnya.

Untuk tahap awal, dikatakan Yudhi, luasan lahannya tidak sampai 1 hektar area, tapi secara bertahap akan diperluas lagi.

“Tahap awal ini luasan tidak begitu luas, namun untuk kedepannya akan di perluas lagi, sehingga tidak ada lagi aktivitas tambang di belakang Pemda ini,” pungkasnya (RedG/**)

Komentar

Tinggalkan Komentar