BNPB Berikan Penyuluhan Kepada Warga Tentang Siaga Bencana Alam

Wonogiri -Kodim 0728/Wonogiri, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri memberikan penyuluhan tentang bahaya serta penangulangan bencana alam dalam rangkaian kegiatan sasaran non fisik TMMD ke-102 kepada warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Kamis (2/7/18).

 

Kepala Desa Sukoharjo Sartono menyampaikan bahwa penyuluhan ini sangat penting bagi warga Desa Sukoharjo dan sekitarnya, mengingat di Kecamatan Tirtomoyo merupakan wilayah yang rentan terhadap terjadinya bencana alam. Sebab, berada pada daerah ketinggian dan kontur tanah yang tidak stabil. Oleh karena itu, masyarakat dan keluarganya perlu untuk mendapatkan materi tentang bagaimana cara dan upaya agar terhindar dari bencana alam tersebut.

Aisyah Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Wonogiri sebagai narasumber menjelaskan kepada warga yang hadir tentang persiapan diri dan langkah awal yang harus dilakukan masyarakat ketika terjadi bencana. Menurut Aisyah yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Wonogiri tersebut, bahwa wilayah Kabupaten Wonogiri ini rawan terjadi bencana alam seperti tanah longsor. Untuk itu dalam kesempatan ini juga diberikan pengetahuan kepada peserta penyuluhan tentang penanganan bencana alam serta kiat-kiat penyelamatan diri ketika terjadi bencana kepada masyarakat agar dapat dijadikan bekal kelak apabila terjadi bencana di wilayah ini.

“Kami juga ingin agar materi penanggulangan bencana alam dari rangkaian program TMMD ke-102 di Desa Sukoharjo ini dapat disebarluaskan kepada anggota keluarga, tetangga yang pada kesempatan ini belum dapat hadir mengikuti penyuluhan, dan semoga apa yang kami sampaikan dapat menjadi bekal masyarakat dalam mengeliminir jumlah korban bencana alam yang mungkin dapat terjadi,” katanya. (RedG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *