oleh

BNPB: Aceh dan Sumut Dua Hari ke Depan Siaga Banjir

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, berdasarkan perkiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kamis (21/1/2021), bahwa pada 22 Januari – 23 Januari 2021 wilayah Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) berada pada kategori siaga terhadap potensi terdampak banjir dan banjir bandang.

“Beberapa wilayah terpantau berpotensi hujan lebat, khususnya wilayah Aceh dan Sumut,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati keterangan persnya yang dikutip dari situs resmi BNPB, Kamis (21/1/2021).

Raditya mengatakan, dalam merespon informasi ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan bahaya hidrometeorologi, seperti banjir dan banjir bandang.

Pasalnya, berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 23 wilayah administrasi setingkat kabupaten dan kota di Provinsi Aceh teridentifikasi berpotensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Sedangkan pada bahaya banjir bandang, Aceh juga memiliki potensi dengan kategori yang sama di 20 wilayah.

“Dapat dilihat dengan aplikasi Info BMKG, pada 23 Januari 2021, prakiraan curah hujan di Aceh Timur terjadi hujan ringan hingga lebat,” ujarnya.

Sementara itu, Raditya menyebutkan, untuk wilayah Sumut, sebanyak 33 wilayah administrasi kabupaten dan kota berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi, sedangkan 30 untuk banjir bandang.

Di samping kedua provinsi tersebut, Raditya mengatakan, BMKG juga merilis sejumlah provinsi dengan tingkat waspada terhadap potensi dampak banjir dan banjir bandang berdasarkan analisis prakiraan cuaca.

Adapun wilayah- wilayah dengan status waspada tersebut, yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga  WORKSHOP DAN LEPAS SAMBUT KETUA PERSATUAN ANALIS PERTAHANAN NEGARA (PAPN) KEMENTERIAN PERTAHANAN

“Satu hal yang patut diwaspadai di wilayah Kalimantan Selatan. Provinsi ini mengalami banjir meluas di 11 wilayah administrasi kabupaten dan kota beberapa hari terakhir,” tandasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar