oleh

BMKG: 2 Hari Kedepan Seluruh Jawa Akan Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Semarang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat, khususnya masyarakat di Pulau Jawa untuk siaga terhadap intensitas hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir yang akan terjadi pada 26-27 Februari 2021.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan, curah hujan dengan intensitas tinggi disertai angina kencang dan petir tersebut akan terjadi mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

“Saat ini yang perlu siaga, yaitu Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah itu tidak semuanya hanya beberapa wilayah. Kemudian juga Jawa Timur, intensitas hujan lebat dapat disertai angin kencang dan ada petir,” ujarnya kepada wartawan di Semarang, Kamis (25/2/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG, intensitas hujan ini akan terjadi hingga awal April mendatang.

“Informasi dari BMKG itu penting, minimal masyarakat siaga. Selamatkan nyawa dulu. Sehingga pada daerah-daerah ada potensi banjir, tanah longsor dan sebagainya. Berharap semua selalu siaga. Dengan cara itu harapan kita bisa menyelamatkan nyawa lebih banyak,” kata Ganjar.

Selain itu, lanjut Ganjar, bahwa pihaknya akan mulai melakukan mitigasi dengan melakukan pembangunan dengan mengacu pada kondisi yang ada.

“Kita harapkan orientasi-orientasi pembangunan kawasan selalu mengingat kondisi yang ada, itulah yang penting,” tuturnya. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar