Pemalang – kodim 0711/Pemalang melaksanakan kegiatan perkokoh pemahaman ideologi Pancasila melalui suatu kegiatan peningkatan komukasi sosial. Mengambil tema “Melalui pembinaan kegiatan Komsos cegah tangkal radikalisme/separatisme, kita perkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme/separatisme dalam rangka mewujudkan alat juang pertahanan yang tangguh”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Makodim Jl. Brigjen Katamso no 43 Pemalang, pada Rabu (11/9/2019)

Komandan Kodim 0711/Pemalang, Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han., pada membuka acara tersebut menyampaikan bahwa radikalisme atau separatisme sudah marak terjadi dimana-mana, termasuk di Indonesia dan penanganannya bukan pemerintah saja, melainkan kita semua harus ikut berperan. Seperti kita ketahui bersama tentang bahaya radikalisme dan separatisme yang sungguh sangat merusak kehidupan berbangsa dan bernegara.

Melalui acara Komsos ini, kami mengajak para hadirin untuk bersama-sama menumbuhkan, mengingatkan serta membuka kembali akan pentingnya tindakan atau kegiatan kita dalam rangka mencegah dan mengantisipasi timbulnya radikalisme dan separatisme yang terjadi di wilayah kita, “ Ungkap Dandim

Dalam mencegah dan menangkal radikalisme dan separatisme, ini bukan hanya tugas pemerintah semata, apalagi TNI saja, karena TNI bukan manusia superman melainkan super tim, akan tetapi kita semua seluruh rakyat harus ikut berperan dan terlibat dalam usaha mencegah dan menangkal radikalisme dan separatisme tersebut, “, tambah orang nomor satu di Kodim Pemalang.

Di akhir sambutannya, Dandim menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh terhadap kelompok maupun gerakan yang dapat merusak ideologi Pancasila, dan berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui akan adanya gerakan/kelompok tersebut. Dengan kegiatan ini juga diharapkan masyarakat agar meningkatkan pengawasan dan cegah dini terhadap kelompok Radikalisme/Separatisme terutama yang sudah dilarang oleh Pemerintah. Sedangkan kepada anak muda, jangan mudah terpengaruh terhadap isu-isu yang tidak benar (Hoax) dan diharapkan bisa membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju,aman dan sejahtera.

Pada acara ini diberikan beberapa materi antara lain materi tentang arti pentingnya wawasan keagamaan dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan yang bersifat terbuka dan toleransi dalam upaya mencegah provokasi dan hasutan dari pembentukan paham radikalisme dan separatisme oleh ketua FKUB Kab. Pemalang Drs. H. Mudasir Mas’ud, M.Ag, dan materi kewirausahaan bidang perikanan oleh kepala bidang pengelolaan dan penangkapan ikan Dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Pemalang Suyono serta materi tentang arti pentingnya wawasan kebangsaan dengan menanamkan nilai-nilai jiwa nasional dan kecintaan terhadap NKRI oleh Danramil 09/Bantarbolang Kapten Arm Eko Budiharjo.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain, Kasdim Mayor Kav Hariyono, Para Pa Staf, Danramil, Aparat pemerintah, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pelajar.(RedG penulis candra Pendim0711/Pemalang).

Tinggalkan Komentar