Wonogiri- Istana Parnaraya memang istananya para lansia, pada perayaan hari ulang tahunnya yang kedua, bangunan megah di Desa Kebonagung, Kecamatan Sidoharjo milik Suparno Parnaraya tersebut mengundang 100 lansia dari Desa Kenteng, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jumat (16/8) pagi.

Acara tersebut dihadiri Suparno Parnaraya beserta keluarga, Camat Sidoharjo Mulyono, Aipda Wahyu Wiyono dari Polsek Sidoharjo, Serda Adi Kusni dari Koramil Sidoharjo, General Manager Istana Parnaraya Endang Istriningsih dan Kepala Sekolah SMAN 1 Sidoharjo Dr Uswatun Hasanah.

Para lansia tersebut melakukan senam refleksi, sebuah gerakan tubuh yang bagus untuk kesehatan jantung, selain itu mereka juga dihibur oleh group Karawitan Tunggal Roso Wiromo dari Desa Kenteng, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Selain mendengarkan alunan musik tradisional Jawa, para lansia juga dihibur oleh seni tari yakni Tari Gambyong dan Tayuban.

Para lansia beserta Suparno Parnaraya dan tamu undangan lainnya menari Tayuban di atas panggung selama sekitar sepuluh menit.

Salah satu lansia bernama Mesinah (60) mengatakan dirinya bersama lansia lainnya datang ke Istana Parnaraya menggunakan 4 minibus. Dia mengaku telah 3 kali mengunjungi Istana Parnaraya.

Mesinah bercerita soal sosok Suparno Parnaraya yang telah banyak membantu penduduk di desanya.

“Pak Parno dulu sempat tinggal di Desa Kenteng, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan dan setelah sukses telah banyak memberikan bantuan diantaraya memberikan santunan lansia dan anak yatim,” ujarnya.

Tak hanya itu, Mesinah menjelaskan Suparno Parnaraya juga peduli dengan kebudayaan dengan memberikan seperangkat alat gamelan di desanya.

“Rencananya Pak Parno juga akan membuat sumur di Desa Kenteng, kalau musim kemarau, air disana sulit,” terangnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sidoharjo Dr Uswatun Hasanah mengucapkan selamat ulang tahun yang kedua bagi Istana Parnaraya.

Dengan hanya berjarak 500 meter dari sekolah yang dipimpinnya, Istana Parnaraya senantiasa menjadi wisata edukasi.

“Keberadaan Istana Parnaraya membantu mendukung pembelajaran outing class bagi siswa SMAN 1 Sidoharjo,” ujarnya.

Selaku kepala sekolah dia mewakili Keluarga besar SMAN 1 Sidoharjo berharap Istana Parnaraya semakin berkembang bukan hanya untuk SMAN 1 Sidoharjo saja namun bagi Kabupaten Wonogiri.

“Semoga Istana Parnaraya bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat,” tegasnya.

Sementara Aipda Wahyu Wiyono Kanit Sabhara Polsek Sidoharjo mewakili Forkompinca Sidoharjo berharap kedepan Istana Parnaraya semakin bermanfaat bagi masyarakat khususnya para lansia dan anak yatim.

“Selamat ulang tahun kedua Istana Parnaraya, dalam perjalanannya telah memberikan santunan bagi lebih dari 600 lansia, semoga tetap memberi warna bagi masyarakat di Kecamatan Sidoharjo pada khususnya dan Kabupaten Wonogiri pada umumnya,” tutupnya.(RedG)

Tinggalkan Komentar