Jepara – KKN Tim II Undip tahun 2019 desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara bekerja sama dengan Karang Taruna desa setempat melakukan pemasangan poster keselamatan berlalu lintas sebanyak 10 buah pada beberapa lokasi yang dianggap strategis, Minggu (4/8).

Pemasangan poster ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran para pengguna kendaraan khususnya sepeda motor akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

Diadakannya program ini merupakan tindak lanjut dari hasil survey yang dilakukan pada minggu pertama KKN, dimana banyak terlihat para pengendara kendaraan khususnya sepeda motor yang mengendarai kendaraannya dengan kecepatan cukup tinggi tanpa menggunakan helm, serta banyak pengendara sepeda motor yang berboncengan tiga bahkan empat. Mirisnya lagi mayoritas pengendara sepeda motor yang berkendara dengan kecepatan tinggi dan berbonceng tiga tersebut merupakan anak-anak usia SD.

Pemerintahan desa setempat dan karang taruna Desa Jambu Timur sebenarnya merasakan khawatir akan keselamatan pengendara tersebut, terlebih sudah sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang didominasi oleh anak-anak. Berdasarkan hal tersebut, Indra Bagus Kurniawan yang tergabung dalam Tim II KKN Undip Desa Jambu Timur dari jurusan Ilmu Komunikasi memiliki gagasan untuk melakukan kampanye keselamatan berkendara melalui pemasangan poster keselamatan berlalu lintas di 10 titik strategis. Dalam kegiatan ini juga Tim II KKN Undip Desa Jambu Timur menggandeng remaja Karang Taruna dengan harapan memberikan sosialisasi pentingnya keselamatan berkendara dengan harapan menyadarkan para pengendara agar berkendara secara aman dengan harapan menurunkan angka kecelakaan berlalu lintas.

Karang Taruna Desa Jambu Timur sendiri nampak memperlihatkan antusiasme yang cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya anggota karang taruna yang meluangkan waktu untuk ikut serta berkeliling desa guna menentukan lokasi strategis serta turut serta dalam proses pemasangan poster yang dilakukan.

Kepala Desa Jambu Timur, Ilal Udin mengapresiasi langkah kegiatan kampanye keselamatan lalu lintas yang dilakukan oleh Tim II KKN Undip karena merasa miris dan khawatir dengan maraknya pengendara yang memacu kendaraannya dengan cukup kencang tanpa memperdulikan keselamatannya. (RedG)

Tinggalkan Komentar