Pemalang – Pengorbanan dan keikhlasan merupakan kunci dalam berqurban. Kesadaran  dalam menjalankan perintah Allah SWT, warga masyarakat RW 01 Kelurahan Paduraksa Pemalang dari tahun ketahun terus meningkat,  hal ini terlihat setiap hari raya idul adha, warga masyarakat yang merelakan hartanya untuk berqurban terus bertambah,

Idul Adha tahun 2019/ 1440 H, terkumpul warga yang berqurban binatang ternak sebanyak  30 (tiga puluhan) orang, dimana  21 orang yang tiap bulan menabung  untuk membeli  3 ekor sapi, dan  9 orang menyerahkan 9 ekor kambing. Warga RW 01 yang berpenduduk  hanya kurang lebih 240 , dengan mata pencaharian nya heterogen dari ASN, pedagang, Petani, buruh tani dan pembantu rumah tangga.

Perlu diketahui bahwa jumlah qurban tersebut belum termasuk warga masyarakat Rw 01 dalam keluarga besar (Almarhum H. Tapari) yang berqurban tidak diberikan kepada panitia tapi dipotong sendiri dan dibagikan kepada masyarakat Rw 01, maupun keluarga besar mereka sendiri diluar desa, tiap tahun menyembelih 2 sampai 3 ekor sapi.

Kesadaran warga masyarakat RW 01 Kelurahan Paduraksa Pemalang itu diawali dengan adanya tokoh masyarakat dan mantan kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang Wachyadi A.ghani. beserta istrinya Hj. Zaetun Qomariah yang membeli rumah di rw 01 ,mereka gigih menyampaikan dakwah agama kepada masyarakat dan di bantu oleh H. Soepardi yang pensiun Pns yang berdomisili dan di RW 01 Kelurahan Paduraksa.  Duet kedua tokoh tersebut seakan akan menyihir masyarakat yang dulunya suka bertengkar, sekarang suka bersodaqoh. (RedG)

Tinggalkan Komentar