Wonogiri- Personil Banser melakukan patroli dan pengamanan di wilayah Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro dalam acara kesenian wayang kulit semalam suntuk yang mengangkat lakon “Gatot Kaca Krida”. Pagelaran tersebut dibawakan oleh dalang Ki Dalang Tito Sunardi yang diiringi oleh bintang tamu Sinden Dwi Pager Ukir Sampung Ponorogo, Lala Kepyar Purwantoro, Jeplek Gondang Purwantoro, Badut Purwantoro Wonogiri dan lain-lain, Sabtu (9/12/2019).

Acara tersebut bertempat di Lapangan Alang-Alang Arena Olahraga Desa Bakalan, Purwantoro dalam rangka agenda tahunan sedekah bumi, bersih desa yang diselenggarakan Pemerintah Desa Bakalan

Hadir dalam acara Bupati Wonogiri Joko Sutopo, jajaran DPRD Kabupaten Wonogiri, Forkompincam Purwantoro, Paguyuban lurah dan kades se Purwantoro dan tamu undangan lainnya.

Seni mewakili panitia, mengucapkan selamat datang kepada para undangan dan hadirin, pagelaran wayang kulit tersebut diharapkan dapat menjadi hiburan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Selain Pemerintah Desa Bakalan, acara ini didukung sepenuhnya masyarakat dan Lembaga- Lembaga Desa Bakalan dengan berharap acara ini untuk melestarikan warisan adiluhung yang sudah berjalan tiap tahun sejak dahulu, selain itu tujuan acara ini untuk mewaspadai rongrongan budaya modern terhadap budaya Jawa,” jelasnya.

Camat Purwantoro Joko Susilo mewakili pemerintah dan warga masyarakat Purwantoro berharap semoga acara tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Bakalan pada khususnya dan Purwantoro pada umumnya.

“Semoga masyarakat Desa Bakalan kedepan selalu di beri kerukunan kekompakan, kebesamaan bersatu membangun desa serta di jauhkan malapetaka. Dan diharapkan masyarakat bersatu untuk mensukseskan program pemerintah membangun Wonogiri dengan sukses, beriman, berbudaya, berkeadilan dan berdaya saing,” bebernya.

Selain terlihat dari jumlah masyarakat umum yang memadati sekitaran panggung, kemeriahan dari pagelaran wayang tersebut juga terlihat ketika wayang limbukan.

Hadir dengan sambutan hangat pada saat limbukan, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, dia ikut berbahagia masyarakat masih memelihara budaya warisan nenek moyang.

“Kita berharap bisa menambah kerukunan dan kekompakan masyarakat demi membantu dalam membangun suksesnya visi dan misi program Pemerintah Kabupaten Wonogiri, kami 3,5 tahun dipercaya masyarakat Wonogiri untuk memegang Pemerintahan Wonogiri,” katanya.

Jekek menambahkan dengan budaya nanti akan menjadi sarana bersatunya masyarakat dengan pemerintah.

Setelah menyampaikan program program prioritas pemerintah Kabupaten Wonogiri.Bupati Jekek meminta lagu berjudul Wonogiri Sukses.(RedG)

Tinggalkan Komentar