Pemalang – Dalam industri perikanan kulit ikan nila (Oreocrhomis nilticus) dianggap sebagai limbah industri, yang hanya dibuang ataupun di jual dalam harga yang murah. Banyak inovasi yang dilakukan oleh masyarakat untuk memanfaatkan limbah kulit ikan nila ini antara lain digunakan sebagai krupuk, campuran siomay bahkan sebagai bahan baku obat.

Limbah ikan nila ini pun memberi inspirasi peluang bisnis kepada Titik Wahyuni untuk mengolah kulit ikan nila sebagai produk yang bermanfaat dan enak yaitu krupuk ikan nila yang crispi. Kulit ikan nila yang diperoleh dari pabrik pengolahan ikan, langsung di olah dengan menggunakan bumbu bumbu yang berkualitas, proses yang higinies membuat krupuk ikan nila buatan Titik ini dapat diterima oleh masyarakat konsumen.

“Kami mendapat kulit ikan nila yang berasal  ikan segar, langsung kami proses menjadi krupuk.” jelas Titik.

Dengan branding “Kurkila” wanita yang aktif diberbagai organisasi dan aktif mengikuti pelatihan yang diberikan oleh berbagai instansi pemerintah ini membuat krupuk ikan nila dalam berbagai varian rasa antara lain rasa original, jagung manis dan balado.

Krukila dalam berbagai kemasan

Guna memperluas segmentasi konsumen, titik dengan Kurkila nya membuat berbagai kemasan antara lain plastik biasa, standing pouch dan tabung. Tentunya segmentasi konsumen dan keperluan konsumen lah yang menentukan pemilihan kemasan ini.

“Kualitas produk semuanya sama, yang membedakan hanya kemasan” tandas Titik.

Kualitas inipun sudah diakui dan mendapat ijin dari Dinkes Kabupaten Pemalang dan lembaga halal MUI yang dibuktikan dengan adanya ijin PIRT, IUMK, HAKI dan sertifikat halal dari MUI.

Selain memproduksi krupuk, Krukika juga memproduksi abon ikan nila dan Wader crispy, ikan Wader yang crispy dan crancy.

Produk lain dari Krukila, Abon Ikan nila dan Wader crispy

Masalah harga sangatlah ekonomis, tergantung ukuran dan kemasannya, berkisar antara Rp. 15.000 sampai Rp. 50.000.

Diproduksi di Jl. Anggur Perum d’Trans Quality 2 blok D6 Bojongbata Pemalang, Krukika dapat diperoleh di Toko oleh oleh  Ogel-Ogel, Feddep mart  di stasiun kereta api Pemalang, RM ikan bakar BU Ana, Minggu CFD di alun alun. Sedangkan di luar Pemalang dapat diperoleh Bandara Sukarno Hatta, Duta Oleh-oleh, Rama Sinta Pekalongan dan masih banyak tempat lainnya. Atau dapat menghubungi langsung melalui nomor whatsapp 081328193056,
0878730607151. (RedG)

Tinggalkan Komentar