Brebes – Semakin bertambahnya Luas Tambah Tanam (LTT) lahan pertanian padi, tentunya akan selaras terjaganya stok beras nasional dan daerah. Diharapkan jika masyarakat petani banyak menggarap lahannya kembali atau mengolah lahan tidur menjadi produktif, tentunya panen juga akan meningkat.

 

Tampak para Babinsa Koramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes yang dipimpin Danramil, Kapten Cpl. Harsono, melakukan fungsinya sebagai motivator sekaligus penyuluh di lapangan. Mereka melaksanakan pendampingan LTT kepada pemilik lahan tanam, H. Subur, asal RT. 05 RW. 02 Dukuh Kembang Desa/Kecamatan Paguyangan dan kepada para buruh tani. Kamis (9/5/2019).

Dibenarkan Danramil (celana pendek bertopi) bahwa, beberapa upaya percepatan yang harus dilakukan adalah mencari lahan yang baru panen atau yang belum diolah.

“Kami bersama PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Paguyangan, tetap melakukan tugas pendampingan walaupun bulan puasa. Walaupun kami bukan petani, namun kami bangga menjadi bagian dari petani,” ucap Harsono yang juga memberikan semangat agar mereka bahagia menjadi petani.

Sebagai informasi, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyebutkan bahwa LTT lahan tani per September 2018 adalah yang tertinggi dalam sejarah pertanian di Indonesia dengan capaian 1,5 juta hektar. Prestasi tersebut tidak terlepas dari pembangunan irigasi, sumur air dan penyediaan pompa jadi yang menjadi salah satu upaya strategis Pemerintah dalam mendorong peningkatan LTT lahan tani. (RedG penulis Aan Pendim Brebes).

Tinggalkan Komentar