Brebes – Penyemprotan tahap awal Nutrisi Wijayakusuma pada Demonstration Plot (Demplot) yang tersebar di wilayah binaan Koramil 04 Tanjung Kodim 0713 Brebes, salah satunya adalah di Desa Karangreja Kecamatan Tanjung, juga dilaksanakan pada sawah milik Casjito. Jumat (10/5/2019).

 

Terlihat Serda Andik Suyono sedang menyemprotkan 10 liter pupuk cair ramah lingkungan sebelum penanaman benih padi di lahan seluas 1 hektar.

Serda Andik bahwa, lahan Casjito sebelum disemprot nutrisi cair tersebut, sebelumnya dilaksanakan pengukuran pH tanah dengan menggunakan pH Meter di 6 titik yang berbeda oleh pihaknya dan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan pada Jumat pagi (10/5).

“Dari hasil pengukuran dengan pH Meter, pH sawah Bapak Casjito ber-pH rataan 6,1 dan siap ditanami padi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk hasil panen di lahan petani tersebut dengan luas 1 hektar sebelumnya adalah mencapai 4 ton. Dengan lahan percontohan yang merupakan salah satu upaya pendampingan petani dari pihak Koramil, akan menjadi pilot project perbandingan langsung hasil panen dengan pupuk tersebut.

Sekedar diketahui, kadar pH tanah antara 0-7 bersifat asam, sedangkan pH antara 7-14 disebut basa. Tanaman yang ditanam tidak akan tumbuh dengan maksimal pada tanah ber-pH rendah/asam atau tinggi/basa. Pasalnya, akar tanaman tidak mampu menyerap unsur hara dengan baik. Sementara untuk kadar pH netral adalah 7, namun beberapa tanaman masih toleran dan tumbuh baik di tanah yang ber-pH 5,5. (RedG penulis Aan Pendim Brebes).

Tinggalkan Komentar