Pati – Pelaksanaaan Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2019 Kodim 0718/Pati mengangkat tema ” Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional ” di Desa Pakem Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dan di hadiri + 300 orang.pada hari Selasa tanggal 26 Pebruari 2019.

Gubernur Jawa Tengah dalam amanatnya yang dibacakan oleh Bupati Pati ( H. Haryanto ,SH.MM. M.Si ) mengucapkan Alhamdhulillah kepada Tuhan YME terus memberikan nikmat sehat,kekuatan dan semangat kepada kita semua dapat hadir disini meneguhkan komitmen dan terus mengapdikan diri demi kemajuan indonesia melalui TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Tahap I ( Reguler 104 dan Sengkuyung I ) Provinsi Jateng Tahun 2019.

Lebih lanjut mengatakan, merawat kebersamaan dan gotong royong untuk mengatasi persoalan bangsa sinergitas TNI manunggal dengan rakyat serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD seperti ini menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa.

Sementara itu dengan melihat Data BPS perbulan September 2018 jumlah penduduk miskin Jateng sebesar 3,87 juta orang ( 11,19% ) mayoritas berada di pedesaan 2, 15 juta orang. Untuk itu harus memfokuskan program penanggulangan kemiskinan dipedesaan dengan prinsip keroyokan melaui pendekatan holistik, integratif, tematik dan spesial. TMMD kali ini mengangkat tema” Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”.

Dengan Semangat pembangunan, maka melalui TMMD ini kita gelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan semua elemen masyarakat yang ada. Tidak hanya itu program TMMD ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukuran antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi.

Dengan momentum TMMD kali ini bisa disisipkan program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai – nilai Nasionalisme. Ini penting mengingat maraknya hoax,bully dan ujar kebencian yang muncul di tengah- tengah kehidupan kita dan berpotensi memecah belah bangsa.

Semoga dengan TMMD pembangunan di desa – desa di Jawa tengah makin maju dan sejahtera dan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokanya. Desanya maju, fasilitasnya komplit , SDM makin berkualitas, mandiri,mempunyai spiritualitasnya tinggi, gak ada narkoba,kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat.Mari kita bangun indonesia melalui desa.(RedG Kontributor pendim18)

Tinggalkan Komentar