oleh

Bersama Berantas Sarang Nyamuk

Wonogiri- Seiring dengan merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di beberapa wilayah dan untuk menangkal perkembangan dan menyebarnya penyakit DBD di wilayah Kecamatan Bulusulur, perangkat desa beserta petugas kesehatan dan Babinsa melaksanakan kegiatan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk Serantak (PSN) diwilayah Desa Bulusulur, Jum’at(8/2).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sehubungan dengan adanya beberapa suspek penderita DBD diwilayah Desa Bulusulur, yang telah ditindak lanjuti dengan kegiatan PE ( Pemeriksaan Epidimiologi ) oleh petugas Kesehatan UPTD Puskesmas I Wonogiri dan kader Jumantik Desa Bulusulur disekitar rumah penderita dengan hasil AJB ( Angka Bebas Jentik ) kurang dari 95 % , maka kemungkinan besar penyebab suspek penderita DBD dari wilayah tersebut (bukan import).

Dengan hasil tersebut perlu adanya tindak lanjut untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti tersebut dengan melakukan gerakan PSN serentak dengan cara 3 M Plus yang meliputi menguras semua tandon air, menutup semua tandon air, mengubur barang-barang bekas yang tidak terpakai dan mendaur ulang limbah padat menjadi barang berguna.

Disampaikan oleh Babinsa Koramil 01/Wonogiri Desa Bulusulur Serma Rojid untuk lokasi kegiatan tersebar di beberapa titik dengan Petugas pemantau kegiatan PSN Serentak Desa Bulusulur 2019 sebagai berikut. Untuk Lokasi SMA IT AL HUDA dan SMP IT AL HUDA dengan petugas pemantau Kasi Kesejahteraan Triono, Kadus Kedungsono Mularman, Babinsa Bulusulur Serma Rojid. Lokasi SMKN 2 Wonogiri dengan petugas pemantau Kaur Keuangan Sutarmi, Kasi Pelayanan Ardia, Binwil Bulusulur.

Lokasi SMK Gajah Mungkur dengan petugas pemantau Kaur Tata Usaha Tugimin, Kadus Lemahireng Jaino. Lokasi SDN 1 Bulusulur dan SDN 2 Bulusulur dengan petugas pemantau Kaur Perencanaan Sriyanto, Kasi pemerintahan Saad. P. Lokasi STABN Raden Wijaya dan Pondok pesantren Al-Barru dengan petugas pemantau Kadus Bulusari Kasiyo, Kadus Malangsari Tarno, Pelda Agus Susanto

Baca Juga  Frustasi Sakit Tak Kunjung Sembuh, Pria Ini Gantung Diri

Kaur Perencanaan Sriyanto menyampaikan untuk kegiatan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk Serantak (PSN) diwilayah Desa Bulusulur sudah rutin dilaksanakan oleh Perangkat Desa, Bidan Desa, Kader Jumantik serta Babinsa. Secara umum lingkungan wilayah Desa Bulusulur bersih dan rapi. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar