Wonogiri – Peristiwa di siang hari yang mengegerkan sejumlah warga Dusun Jatinom RT 05/RW 02 , Desa Jatisrono, Kecamatan Jatisrono terjadi pada Kamis (16/8) pukul 14.00 WIB, di saat pemuda setempat yang bernama Edi Susilo (30) berteriak kebakaran . Teriakan tersebut membuat beberapa pemuda yang sedang membuat kenthongan untuk persiapan karnaval berhamburan dan berlari menuju rumah Mardi (58) yang berjarak sekitar 20 meter, demikian juga warga yang sedang kerja bakti di rumah Karno (65) untuk persiapan menggelar hajatan sunatan cucunya.

 

Dalam kejadian tersebut Edi mengatakan “ Sesaat setelah tiba di rumah Karno dan memarkir sepeda motornya, saya melihat api besar telah menjalar di sebelah barat bangunan berukuran 4 m x 6 m yang terbuat dari bambu dan juga bekas kandang sapi yang berisikan kayu bakar serta jerami kering,” ujarnya.

“Melihat kebakaran ini secara spontan pemuda dan juga warga masyarakat berhamburan dan berlari menuju sumber api.Kami bersama puluhan pemuda dan warga berusaha memadamkan api dengan alat sederhana,” lanjutnya.

Kepala Desa Jatisrono Mulyadi melalui Kepala Dusun Jatinom Reman Wigyo Suroso yang saat kejadian berada di lokasi mengucapkan banyak terima kasih atas tanggap bencana oleh pemuda dan warga setempat.

“Kami tidak bisa membayangkan apabila tidak segera di jinakan dan di padamkan si jago merah ini pasti akan melalap juga rumah mbah Sumo dan Dedi mengingat jaraknya begitu dekat serta hembusan angin kencang saat kejadian,padahal api tersebut sudah menjalar bangunan di utaranya yang beisikan jerami kering,” jelasnya.

“Sekitar 20 menit api bisa di padamkan dan 30 menit kemudian dua unit pemadam kebakaran milik Pemkab Wonogiri tiba di lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan sisa sisa api,” imbuhnya.

Dalam Kejadian tersebut Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede, melalui Kapolsek Jatisrono AKP Sali mengatakan “tim pemadam kebakaran yang dibantu aparat kepolisian dan wargasetempat, berhasil melokalisir menjalarnya kobaran api, hingga api berhasil dipadamkan,” bebernya.

“Untuk penyebab kebakarannya masih dilakukan pemeriksaan oleh polisi, dan atas peristiwa itu tidak ada korban jiwa , namun Sumardi menderita kerugian material sekitar 4 juta rupiah,” kata Kapolsek. (RedG)

 

 

Tinggalkan Komentar