oleh

Beredar Surat Pengangkatan CPNS Jalur Khusus, Kemenpan RB: Itu Hoaks

Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB) menegaskan, tidak ada Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Jalur Khusus. Hal ini ditegaskan menyusul beredarnya surat pengangkatan CPNS jalur khusus T.A 2013/2014 di media sosial.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik, Kemenpan RB, Andi Rahadian memastikan, bahwa Kemenpan RB tidak pernah mengeluarkan surat tersebut. Untuk itu, ia mengatakan, surat yang beredar di media sosial, yakni WhatsApp tersebut adalah hoaks.

“Surat tersebut dipastikan palsu dan tidak benar. Mohon masyarakat mengabaikan surat tersebut,” ujarnya seperti dikutip situs resmi menpan.go.id, Kamis (18/2/2021).

Adapun surat pengangkatan CPNS jalur khusus palsu yang bernomor B/977/S.KP.01.00/2020 tersebut juga mencatut nama Sekretaris Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji.

Dalam surat itu, seolah Kemenpan RB telah menetapkan keputusan pengangkatan CPNS Tahun Anggaran 2013/2014 melalui Jalur Khusus.

Keputusan tersebut seolah-olah dihasilkan berdasarkan Rapat Koordinasi CPNS Jalur Khusus dengan Pejabat Pembina Teknis Kepegawaian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 28 Desember 2020 di Kemenpan RB.

Selain itu, dalam surat tersebut disebutkan pula seluruh peserta CPNS dari jalur khusus untuk segera melaporkan diri kepada Kepala Biro Pembina Kepegawaian Pemerintah Provinsi.

Andi pun menegaskan, bahwa dalam Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan bahwa pengangkatan CPNS hanya dilakukan melalui proses seleksi.

Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh informasi yang berhubungan dengan CPNS hanya bersumber dari laman www.menpan.go.id dan media sosial resmi Kemenpan RB.

“Jika terdapat pertanyaan terkait kebijakan perihal ASN, dapat langsung menghubungi Media Center Kemenpan RB melalui nomor (+6221) 7398381-89 atau melalui email di halomenpan@menpan.go.id,” tandasnya.

Baca Juga  Polisi Harus Rapi

Andi juga meminta masyarakat agar selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan informasi terkait kemudahan pengangkatan CPNS.

“Kami harapkan masyarakat selalu waspada dan melakukan konfirmasi mengenai kebenaran informasi yang beredar melalui situs resmi instansi terkait atau menanyakan kebenarannya kepada Kemenpan RB,” pungakas Andi. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar