oleh

Benih Lobster Senilai 5,3 M Disita Bea Cukai Jambi

Jambi – Puluhan ribu benih Lobster berhasil digagalkan Bea Cukai Jambi pada Senin malam (22/2/2021) di jalan Lintas Jambi Palembang. Informasi awal yang diterima Bea Cukai Jambi  adalah pengiriman rokok Ilegal.

“Kita lakukan pemeriksaan mobil dan informasi yang kami duga itu adalah rokok ilegal dilihat dari kemasannya namun dalam perjalanan waktu ternyata barang bukti adalah Baby Lobster,” kata Kepala Bea Cukai Jambi Ardiyanto, Selasa (23/2/2021).

Dirinya menjelaskan, pihaknya hanya berhasil mengamankan Barang Bukti Lobster dan kendaraannya, namun untuk para tersangka tidak berhasil diamankan terlebih dahulu kabur.

“Sepertinya mereka sudah mengetahui kalau kita sedang mengawasi aktivitasnya, sehingga pengemudinya langsung meninggalkan mobilnya berikut dengan barang bukti yang kita duga rokok ternyata adalah Baby Lobster. jumlah 53.290 ekor yang berhasil diamankan,” lanjut Ardiyanto.

Mendapat tangkapan tersebut, pihak Bea Cukai Jambi langsung berkoordinasi dengan KKP RI melalui BKIPM Jambi.

Sementara itu, Kasi Informasi dan data BKIPM Jambi Paiman menjelaskan berdasarkan dari surat edaran Ditjen Perikanan Tangkap, bahwa aktivitas ekspor dibekukan terlebih dahulu sampai batas yang tidak ditentukan.

“Kegiatan aktivitas ekspor sementara waktu dibekukan atau semacam dihentikan sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Itu berdasarkan surat edaran dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan,” jelasnya.

Dari tangkapan tersebut, berjumlah 53.260 ekor Benih Lobster, apabila di uangkan sebanyak Rp. 5,3 miliar.

“Benih Lobster ini akan dibawa keluar Negeri, tujuan akhirnya itu negara Vietnam karena untuk saat ini Vietnam itu telah berhasil membudidayakan secara besar-besaran, dalam hal ini sampai budidaya sampai bisa konsumsi tapi sebelum itu biasanya ke Singapura dari Jambi biasanya keluarnya bisa lewat Tanjung Jabung Barat atau dari Tanjung Jabung Timur,” sebutnya. (RedG/Irwansyah)

Baca Juga  Koreografer Belanda Arno Schuitemaker Pukau Penikmat Seni di Jambi Dalam Karya “If You Could See Me Now”

Nanti secepatnya benih Lobster tersebut akan segera di lepas liarkan di perairan Sumatra Barat (Sumbar), tutup Kepala BKPIM. (IR)

Komentar

Tinggalkan Komentar