oleh

Bea Cukai Jambi Gelar Pelatihan Soal Prosedur Ekspor ke Pasar Global

Jambi – Sebagai bentuk dukungan terhadap produk Usaha Kecil Menengah (UKM), khususnya para nelayan dan petani, Bea Cukai Jambi bekerjasama dengan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Jambi serta Badan Karantina Pertanian Jambi telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Prosedur Ekspor Menuju Pasar Global di Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai Kuala Tungkal, pada Jumat (9/4/2021

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa pengguna jasa di Kuala Tungkal dan perwakilan dari Desa Tungkal I. Tak ketinggalan, Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Bea Cukai Jambi, khususnya untuk masyarakat di daerah Kuala Tungkal, Tanjung Jabung (Tanjab) Barat.

Seperti diketahui, menurut Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Heri Sustanto, yang mewakili Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, salah satu program pemerintah khususnya di masa pandemi ini adalah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bea Cukai salah satunya berperan melalui program klinik ekspor, yaitu asistensi untuk masyarakat dalam bentuk peningkatan kualitas produk dan juga penjelasan terkait tatalaksana ekspor menuju pasar global.

Peserta temu wicara soal prosedur ekspor ke pasar global bersama pematerinya di Bea Cukai Jambi (Foto: Istimewa)

“Dengan adanya kegiatan temu wicara seperti ini, lanjut Heri, meski di tengah pandemi pihaknya tetap memberikan dukungan penjelasan terkait ekspor kepada masyarakat Kuala Tungkal,” ujar Heri.

Materi-materi yang dibahas pada pertemuan perdana ini, menurut Heri pula, di antaranya terkait persyaratan dalam rangka percepatan ekspor produk perikanan oleh Ibu Meliya Bahnan dari Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Jambi. Kemudian materi peran karantina pertanian dalam mendukung ekspor komoditas pertanian melalui gerakan tiga kali lipat ekspor, disampaikan oleh Anita dari Balai Karantina Pertanian.

Ada pun materi penutup, terkait tatalaksana kepabeanan di bidang ekspor disampaikan oleh Leonardo Samosir, Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Bea Cukai Jambi. “Sebagai penutup, tak lupa Bea Cukai memberikan sesi tanya jawab serta saluran informasi yang dapat dihubungi oleh para calon eksportir untuk berkonsultasi seputar kegiatan ekspor,” pungkas Heri. (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar