oleh

Baznas Pemalang Fasilitasi Budidaya Ternak Lele

Pemalang – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pemalang, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para dhuafa maupun mustahik zakat memberikan fasilitasi budidaya ternak lele sistem bioflok

Fasilitasi ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan dan bimbingan teknis bertenak ikan lele yang diadakan oleh Baznas Kabupaten Pemalang beberapa bulan yang lalu di salah satu hotel di Kabupaten Pemalang.

Fasilitasi berternak ikan lele ini bekerjasama dengan komunitas Peternak Lele Kabupaten Pemalang, bukan dengan Ormas atau relawan dari Paslon yang kemarin berlaga di pilkada seperti beberapa informasi yang beredar di masyarakat.

Ditegaskan oleh KH. Ulil Albab, salah satu pengurus Baznas Kabupaten Pemalang bahwa Baznas tidak pernah bekerjasama dengan Lembaga Gerakan Masyarakat untuk Perubahan Kabupaten Pemalang (Gempur) atau di kenal FGP dalam bidang beternak ikan lele maupun pendampingan budidaya ikan lele.

“Tujuan fasilitasi ini, selain menindaklanjuti bimtek berternak lele, beberapa bulan yang lalu juga meningkatkan kesejahteraan para mustahik melalui berternak ikan lele dan tidak ada hubungannya dengan Ormas Gempur,” kata Kyai Ulil di kantor Baznas Pemalang, Senin (3/5).

Dana sebesar Rp. 586.0000.000 (lima ratus delapan puluh enam juta rupiah) dianggarkan dan  disalurkan untuk membangun fasilitas berternak ikan lele, termasuk pakan, dan pendampingan di 10 titik yang tersebar dibeberapa desa dan Kecamatan. Saat ini sudah masuk dalam progres membuatkan infrastruktur kolam dan sebagainya.

Kyai Ulil menjelaskan, nantinya para mustahik zakat akan mengelola peternakan lele tersebut minimal dua kali massa panen. Setelah minimal dua kali masa panen akan digantikan oleh mustahik lainnya.

Dalam hitungan diatas kertas, para mustahik yang mengerjakan akan mendapatkan laba sekitar Rp. 5.000.000 juta dalam dua kali panen. Dan uang tersebut dapat digunakan oleh para mustahik untuk keperluan modal usaha lainnya.

Baca Juga  PPKM Mikro Diterapkan, Kampung Tangguh Jadi Andalan Surabaya

Melalui bubidaya ikan lele inilah diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan pada mustahik, serta adanya perguliran usaha yang mampu menaikkan kesejahteraan masyarakat secara umum. (RedG)

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed