oleh

Bawaslu Wonogiri Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019

Wonogiri – Bertempat di halaman Gor Giri Mandala Kabupaten Wonogiri dilaksanakan giat Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Wonogiri. Kegiatan diikuti kurang lebih 600 orang.
Sebagai Pimpinan Apel Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri Ali Mahbub, Jumat (12/1).

Peserta apel adalah seluruh anggota Panwascam, Sekerariat Panwaslu Kecamatan dan Anggota Panwaslu Desa/PPL Se Kabupaten Wonogiri.

Amanat Ketua Bawaslu RI yang dibacakan oleh Pimpinan Apel Ali Mahbub mengatakan pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dinyatakan perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukarela,damai dan rasa kebanggaan sebagai bangsa yang beradab.

“Tinggal 5 hari lagi kita akan memasuki Puncak Pemilu tahun 2019 tepatnya pada tanggal 17 April seluruh anak bangsa yang berhak memilih akan menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Ali menjelaskan menyadari hal tersebut maka selama berlangsungnya tahapan-tahapan Pemilu tahun 2019 yang dimulai sejak 17 Agustus 2017 pihaknya telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasikan kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan Pemilu.

“Sebelum memasuki hari pemungutan dan penghitungan suara di tanggal 17 April kita terlebih dahulu dihadapkan dengan tugas mengawasi masa tenang yang dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 16 April 2019.
Masa kini merupakan salah satu fase krusial dalam pelaksanaan pemilu yang akan menguji integritas seluruh elemen bangsa termasuk di dalamnya Bawaslu dan peserta pemilu,” bebernya.

“Berdasarkan pengalaman kita baik pada agenda pemilihan kepala daerah maupun agenda Pemilu sebelumnya masa tenang masa tenang cenderung diwarnai dengan praktek-praktek kecurangan antara lain politik uang,propaganda isu Sara, penyebaran berita bohong untuk saling menjatuhkan diantara sesama peserta bahkan tak jarang terjadi benturan kekerasan kekerasan antar massa pendukung peserta pemilu,” ungkapnya.

Baca Juga  Rehab RTLH Dikunjungi Dansatgas

Ali menambahkan apel patroli pengawasan anti politik uang pada masa tenang yang dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten mulai dari Sabang sampai Merauke sebagai tanda kesiapan untuk mengawasi tahapan Puncak dalam Pemilu tahun 2019.

“Melalui patroli masa tenang kita tidak sekedar melakukan pengawasan tetapi sekaligus menjadikan momentum ini sebagai kesempatan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia sebab Pemilu bukanlah sekedar kontestasi Politik dan sirkulasi elit namun lebih dari itu merupakan dialektika yang menempatkan anak bangsa sebagai Obyek dalam ruang pemaknaan demokrasi yang nyata dan kontekstual sehingga patroli masa tenang akan menjadi daya dorong bagi seluruh warga negara pemilik hak pilih yang sadar dan menjunjung tinggi akan hak dan kewajibannya saling menghormati saling menghargai saling menyatukan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

“Mulai hari ini kita akan bergerak serempak di seluruh wilayah pengawasan dan karena itu indeks kerawanan Pemilu 2019 yang memuat hasil penilaian terhadap potensi pelanggaran dan kerawanan menjadi instrumen handal bagi kita dalam memproyeksikan langkah-langkah antisipatif terhadap praktik politik uang, propaganda isu sara, berita hoak, serta ujaran kebencian yang berpotensi pelanggaran lainnya,” lanjutnya.

Dia berharap baik Bawaslu Provinsi Kabupaten pengawas di tingkat kecamatan dan desa agar membaca dan mempelajari dengan seksama setiap data yang tersaji dalam IKP 2019 untuk menuntun proses perencanaan strategi pencegahan dan pengawasan di wilayah masing-masing Selain itu penting juga bagi personil tim patroli agar mengenali dan memahami karakteristik serta kecenderungan perilaku sosial kemasyarakatan di wilayahnya.

Ali mengharapkan seluruh jajaran pengawas pemilu pada semua tingkatan di seluruh Indonesia serta yang tinggal seluruh jajaran pengawas pemilu pada semua tingkatan di seluruh Indonesia serta jajaran sekretariat yang telah mendukung kelancaran tugas tugas pengawasan pemilu yang tinggal 5 hari lagi akan memasuki hari pemungutan suara hari pemungutan suara.

Baca Juga  Polres Gelar Serah Terima Jabatan Kapolsek Sidoharjo

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi kita dengan kesehatan dan kekuatan serta hati yang lapang agar kita dapat melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab dalam agenda mensukseskan pemilu tahun 2019 dengan kesehatan dan kekuatan serta hati yang lapang agar kita dapat melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab dalam agenda mensukseskan pemilu tahun 2019,” tegasnya . (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed