oleh

Batik Parnaraya Sebuah Buah Tangan dari Kitagawa

Wonogiri – Batik Parnaraya adalah salah satu brand batik yang berasal dari Kabupaten Wonogiri tepatnya dari Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo. Adalah putra daerah bertangan dingin Suparno Parnaraya yang mempunyai inisiatif mengembangkan usaha batik tulis di daerah tersebut.Warga setempat diajari membuat kain batik berkualitas guna melestarikan kearifan budaya lokal.

Lokasi pembuatan batik tulis tersebut berlokasi di Dusun Semin, Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo, sekitar 7 kilometer ke arah timur dari Pasar Sidoharjo.

Di tempat tersebut proses pembuatan kain batik tulis dari tahap awal sampai akhir dilakukan oleh sekitar 20 warga sekitar.

Pengelola Batik Parnaraya, Sutar Abdul Aziz (38), Rabu (29/1) mengatakan Batik Parnaraya mulai dibuat pada tahun 2011. Selain untuk melestarikan budaya lokal, Batik Parnaraya juga mampu memberdayakan warga sekitar terutama ibu-ibu yang memiliki banyak waktu luang.

“Setelah mengirim salah satu warga guna belajar membuat batik di Kota Solo, Bapak Suparno menyelengarakan pelatihan membatik gratis bagi warga sekitar,” katanya.

Sutar menuturkan Batik Parnaraya mempunyai ciri khas yang membedakan dengan batik lain.

“Ada 3 jenis motif Batik Parnaraya yakni kontemporer, abstrak dan tradisional. Ada motif batik dibuat dari inspirasi yang ada di sekitar Desa Widoro,seperti motif batik mete, kacang mete adalah potensi pertanian dari Desa Widoro. Meski tidak dibuat oleh keturunan pembatik seperti daerah lain, namun Batik Parnaraya mempunyai ciri khas yakni warna yang lebih terang dan menggunakan variasi warna yang lebih banyak,” ungkapnya.

Terkait pemasaran, Batik Tulis Parnaraya telah menembus pasar di sejumlah kota besar yakni kawasan Jabodetabek dan Surabaya.

Selain memproduksi batik tulis, tempat tersebut juga digunakan sebagai kawasan wisata edukasi bagi para siswa yang ingin mengetahui dan mempelajari cara membuat batik tulis.

Baca Juga  Program Pemerintah dalam Menyehatkan Masyarakat

Setelah membuka showroom batik di Jalan Raya Wonogiri Purwantoro tepatnya di Dusun Nunggulan,Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo.

Kini Batik Parnaraya juga bisa didapatkan di Kitagawa Pesona Bali, Istana Parnaraya dan Museum Sewu Rai.( red )

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed