Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam memperkenalkan batik Batam bermotif Ikan Marlin ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Nagoya Hill Hotel, Batam, Minggu (18/10/2020).

Batik Ikan Marlin, Batik Batam Yang Go Internasional

BATAM – Batik ikan marlin yang merupakan salah satu motif batik Batam ini sudah dipromosikan baik kedalam maupun luar negeri, antara lain Singapura, Malaysia, Cina dan juga Australia.

Kali ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam memperkenalkan batik Batam bermotif Ikan Marlin ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Nagoya Hill Hotel, Batam, Minggu (18/10/2020).

Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, corak batik yang cerah dengan motif biota laut ini sudah dipromosikan ke dalam dan luar negeri.

“Kain batik Batam mengangkat warna-warna cerah seperti biru, merah, kuning, hijau. Dengan motif mengangkat motif biota laut, seperti ikan marlin, gonggong, dan sebagainya,” kata Ardi.

Tak hanya dipromosikan, Dekranasda Kota Batam juga membuat kegiatan Batam Batik Fashion Week sejak 2018 dengan tujuan memperkenalkan Batik Batam kepada masyarakat dan wisatawan baik domestik dan mancanegara. Serta dapat meningkatkan kreativitas pengrajin dan perancang busana di Kota Batam.

“Melalui kegiatan Batam Batik Fashion Week bisa mempromosikan batik Batam kepada masyarakat lokal maupun mancanegara serta mengangkat karya emas perancang batik binaan Dekranasda,” katanya.

Koordinator Sub Direktorat Hubungan Antarl lembaga Multilateral, Kementerian Pariwisata, Ika Kusuma Permana Sari, memuji kain batik Batam. Menurutnya kain batik ikan marlin sangat menarik dan berwarna dan sangat cocok menjadi buah tangan wisatawan saat berkunjung ke Kota Batam.

“Sangat menarik, warnanya cerah, dan coraknya cantik sekali, tidak kalah dari batik dari daerah lain ” terangnya. (RedG/Ian Rasya)

Tinggalkan Komentar