oleh

Bapelkes Siap Digunakan Untuk Pasien Covid-19

Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam memastikan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Batam siap gunakan untuk menampung pasien Covid-19. Selain Bapelkes, Pemko Batam juga menyiapkan rumah susun (Rusun) dan Asrama Haji sebagai antisipasi lonjakan jumlah kasus Covid-19.

“Kami siapkan itu mengingat RSKI Galang memiliki keterbatasan tempat perawatan. Di Bapelkes sendiri setidaknya ada sekitar 1.300 kamar yang akan disiapkan,” kata Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum, Senin (26/10/2020) usia rapat koordinasi di Bapelkes.

Syamsul mengatakan, RSKI Galang diperuntukan bukan hanya buat masyarakat Batam saja, tapi juga buat pasien yang berasal dari luar Batam. Bahkan, disana (RSKI Galang) juga menampung buat Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Saat ini RSKI Galang juga merawat pasien Covid-19 dari luar Batam,” ujarnya.

Karena itu sambungnya, Pemko Batam melakukan berbagai alternatif dan kemungkinan adanya penambahan kasus Covid-19. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stake holder yang ada.

“Untuk Bapelkes sekarang sudah siap. Ada sekitar 150 kamar yang bisa digunakan,” katanya.

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin mengatakan jumlah kasus positif Covid-19 di Kepri saat ini masih terus penambahan. Karena itu diperlukan langkah-langkah antisipasi kemungkinan terburuknya.

Pemda kata dia memastikan bahwa masyarakat harus mendapatkan pelayanan terbaik. Tak hanya Kota Batam, tapi juga kabupaten/kota lainnya di Kepri harus menyiapkan hal-hal yang mungkin bisa saja terjadi.

“Berlahan kegiatan ekonomi ini mulai kita buka, tapi kita harus bisa memastikan bahwa masyarakat terlayani dengan baik,” kata Bachtiar. (RedG/Ian Rasya)

Komentar

Tinggalkan Komentar