Wonogiri, Tim Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 di Wilayah Kodim 0728/Wonogiri, membangun jambanisasi untuk masyarakat Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Rabu 11 Juli 2018.

 

Dansatgas TMMD Reguler tahap-II Ke-102 Letkol Inf M. Heri Amrulloh mengatakan, tujuan pembangunan jambanisasi tersebut dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki jamban sehat. Melalui pembangunan ini, masyarakat diharapkan mau merubah dari sifat yang sembarangan dalam BAB bisa berubah taraf hidup sehat, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki fasilitas untuk BAB (Buang Air Besar).

“Masyarakat di kawasan tersebut selama ini menjadikan hutan sebagai tempat untuk buang hajat. Tentu hal ini sangat berbahaya karena akan akan menjadi lingkungan tidak sehat dan nantinya akan bedampak terhadap lingkungan kurang sehat,” ujarnya.

“Bukan hanya jambanisasi saja yang akan dibangun, seperti Cor/Rabat jalan, Rehab PAUD, Pembangunan Talud jalan, Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), pembangunan gorong-gorong. Hal ini merupakan kepedulian TNI kepada masyarakat, khusunya masyarakat di Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri, dalam Kemanunggalan antara TNI/Rakyat, ” tambah Letkol Inf M. Heri Amrulloh.

Slamet Hartoyo, salah satu warga Dusun Dadapan Desa Sukoharjo Jambanisasi di Dusun Pule Rt 02/05, yang telah dibangun Septitank dengan ukurany 2 × 3 meter dengan kedalaman 2 meter menggunakan bis beton diameter 1,20 meter. mengucapkan rasa terima kasih kepada TNI yang telah peduli dan membantu warga dalam membantu pembuatan jamban sehingga saya bersama warga lainnya tidak lagi untuk membuang air ke hutan.

“Terima kasih atas kepedulian TNI Kodim 0728/Wonogiri. Pembangunan jambanisasi ini sudah lama kami idamkan, akhirnya sekarang bisa terealisasi,” tutupnya. (RedG-Aris)

Tinggalkan Komentar