oleh

Bangka Tengah Terima Penghargaan UHC

Jakarta – Kabupaten Bangka Tengah salah satu dari 251 Kabupaten Se-Indonesia menerima penghargaan sebagai Kabupaten/kota yang mencapai 95% Universal Health Coverage (UCH), Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, Selasa (14/3/2023) di Balai Sudirman, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Ali Ghufron Mukti, menyampaikan Program BPJS atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak hanya mendukung himbauan Visi Misi Presiden tahun 2020-2024 tetapi juga mendukung target RPJMN tahun 2020-2024 yaitu 98% penduduk Indonesia mendapatkan perlindungan sosial atau Universal Health Coverage (UHC).

“Kami berharap, Pemerintah Daerah yang telah mencapai predikat UHC dapat terus mempertahankan predikat UHC yang diraih, memastikan kepesertaan JKN aktif bagi masyarakat di wilayah Bapak/Ibu serta bersama-sama memastikan peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN sehingga perlindungan jaminan kesehatan bagi keniscayaan dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap pencapaian predikat (UHC) tersebut, Dapat mendorong Pemerintah Daerah lainnya untuk semakin meningkatkan jumlah kepesertaan dalam rangka memberikan perlindungan jaminan kesehatan melalui JKN di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Anas Ma’ruf mewakili Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan rasa bersyukur atas prestasi (UHC) tercatat di BPJS, pada pencapaiannya 96,83% per Maret 2023

Sesuai harapan RPJMN, semoga di Bangka Tengah bisa memenuhi 98% dari masyarakat sudah memiliki jaminan kesehatan ini di tahun 2024 mendatang,” Jelasnya

Terkait tekanan (UHC), Anas mengaku ingin bisa memenuhi jaminan kesehatan seluruh masyarakat semaksimal mungkin. Namun selama ini terkendala masalah kependudukan yakni banyaknya pendatang yang belum memiliki Kartu Tanda Pengenal (KTP) di Bangka Tengah.

“Tentunya ingin semuanya memiliki jaminan kesehatan, sehingga lebih banyak yang terbantu. Untuk itu diharapkan masyarakat yang telah tinggal di Bangka Tengah segera mengurus KTPnya,” terangnya

Baca Juga  Ini Hasil Review Standar Pelayanan Disdukcatpil Pemalang

Diketahui, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS Kesehatan hampir memasuki usia 1 dekade dengan cakupan kepesertaan JKN sebanyak 252,17 juta jiwa atau sekitar 90,79% dari total penduduk Indonesia 277,7 juta jiwa.

Kabupaten Bangka Tengah saat ini mencapai (UHC) bersamaan dengan Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang. (RedG/Rizal Fahlevi/Diskominfosta Bangka Tengah/BPJS Kesehatan RI/Dinas Kesehatan Bangka Tengah)

Komentar

Tinggalkan Komentar