oleh

Bangka Tengah Targetkan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda 2023

Bangka Tengah – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat, Kamis (9/3/2023) di Ruang Rapat VIP. Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan hal ini merupakan tugas bersama sebagai pelayan masyarakat agar mendapat perhatian dan penilaian dari pihak-pihak tertentu. Karena menurutnya sebuah Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dapat ditentukan oleh proses, bukan hanya hasil.

“KKS bukanlah Kabupaten/Kota yang telah mencapai status kesehatan tertentu. Ruang lingkupnya luas, tidak hanya sektor kesehatan semata dan untuk itu dibutuhkan komitmen terhadap kesehatan melalui proses dan sistem terstruktur untuk mencapainya,” ucapnya.

Disampaikan Algafry bahwa ada 6 strategi dalam mewujudkan KKS.
“Penguatan komitmen, peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan jejaring dan kemitraan, peningkatan akses dan kesetaraan dalam pelayanan dasar, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan ada 9 instrumen penilaian KKS 2023 dan untuk mencapai wiwerda, setiap tatanan harus memenuhi capaian di atas 81 persen.

“Untuk menuju Swasti Saba Wiwerda, masalah utama posisi ODF (Open Defecation Free) di Bangka Tengah sekarang diangka 80,95 persen,” sebut Algafry.

Berdasarkan alasan inilah, Orang Nomor Satu di Bangka Tengah mengajak seluruh pihak terkait untuk saling berkolaborasi dalam meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023.

“Kita optimis! Semoga penilaian kinerja Kabupaten Sehat semakin meningkat dan saya yakin jika kita fokus pasti akan tercapai,” harapnya.

Selaku inisiator, Dinas Kesehatan Bangka Tengah mengundang Sekda Bangka Tengah yang juga selaku Ketua Tim Pembina Selawang Segantang Sehat, Kapolres Bangka Tengah, Ketua Tim Forum Selawang Segantang Sehat beserta jajarannya, Kepala OPD yang terlibat dalam KKS, Camat se-Bangka Tengah, Kepala Desa yang terlibat dalam KKS, untuk bersinergi meraih Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda pada Tahun 2023 mendatang,” (RedG/ Rizal Fahlevi/*/Diskominfosta Bateng)

Komentar

Tinggalkan Komentar