oleh

Bangka Tengah Setiap Desa Dapat Internet Gratis

Lubuk Besar – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfosta) menggelar launching Internet Desa, dihadiri General Manager (GM) PT Telekomunikasi Witel Babel (Telkom), Indratmoko Susanto, dan GM SBU Regional Sumatera Selatan PT Indonesia Comnets Plus (Icon Plus), Yan Alfino Simanjuntak, di Desa Kulur, Kamis (7/9/2023). Ditandai pelepasan balon ke udara.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan, kita sudah bisa mencapai target program internet desa. Ini terpenuhi kebutuhan internetnya. Hari ini kita sudah coba akses itu semua, dengan dukungan teman-teman dari Icon Plus dan Telkom.

“Sekaligus hari ini kita launching juga nama Wi-Fi Publik kita dengan nama BATENG MAJU,” ucapnya.

Selain launching Internet Desa, ia juga langsung mencoba pertemuan daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan 6 perangkat desa/kelurahan mewakili 6 Kecamatan di Bangka Tengah.

Ia mengungkapkan, setelah melakukan akses daring, berbincang dengan beberapa perangkat desa, yakni Desa Guntung, dan Desa Lubuk Lingkuk. Berjalan lancar dan sukses,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Feri Prihatin Akbar mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik jaringan internet sampai ke tingkat desa di seluruh Kabupaten Bangka Tengah.

“Melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, saat ini telah selesai dilakukan pemasangan infrastruktur akses internet gratis untuk area publik,” ucapnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa Internet Desa ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan di masyarakat terkait ketidaksetaraan akses internet terhadap informasi, pendidikan, dan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Dengan Internet Desa ini diharapkan dapat meningkatkan akses internet di desa sehingga setiap warga dapat mengakses informasi dan layanan online dengan lebih mudah, mendukung pendidikan,” terangnya.

Baca Juga  Polisi Gulung Penambang Emas Tanpa Izin

Ia menambahkan, sebanyak 56 desa dan 7 kelurahan di wilayah Kabupaten Bangka Tengah, pengembangan ekonomi di desa melalui pelatihan e-commerce dan pendampingan bisnis online.

Disela-sela kegiatan tersebut, Bupati Bangka Tengah menyerahkan bantuan berupa alat tangkap ikan dan pembagian kartu Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan kepada 23 orang nelayan.

PT. Telkom Indonesia TBK menyerahkan bantuan Air bersih dan sumur bor untuk PAUD Al – Fitriyah Kulur,” tandanya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar