oleh

Bangka Tengah Raih Kategori Tranformasi Anggaran dan Regulasi Dalam Anugerah Merdeka Belajar

Sleman — Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pendidikan Bangka Tengah menerima, Anugerah Merdeka Belajar Kategori Tranformasi Anggaran dan Regulasi yang diserahkan langsung Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, yang mengusung tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, mulai tanggal 28 sampai 29 Mei 2023.

Anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam Gerakan Merdeka Belajar sehingga berhasil meningkatkan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

Selanjutnya, diadakan karnaval pagelaran seni yang dilakukan dari Museum Benteng Vredeburg hingga Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, ziarah makam Ki Hajar Dewantara, serta Pemberian Anugerah Merdeka Belajar, di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Ramayana Ballet, Candi Prambanan, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semua unsur yang bergerak di bidang pendidikan.

” Tenaga Pendidik dan Kependidikan, para siswa dan orang tua, serta semua pihak yang telah mendukung kinerja di bidang pendidikan sehingga kita berhasil mencapai target ini,” tuturnya.

Dikatakan Algafry, program merdeka belajar pada tahun 2022 hingga 2023, yaitu sebanyak 97 persen, telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri, 98,5 persen.

Lanjut Algafry, kami sudah berkomitmen untuk menjalankan program kurikulum merdeka belajar,
mulai dari tahun pelajaran 2022 hingga 2023 dengan harapan target pencapaian 100 persen, melaksanakan kurikulum merdeka.

Algafry menjelaskan, pelatihan secara mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar, partisipasi tinggi dalam pelaksanaan Program Guru Penggerak, partsipasi tinggi dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, dan meningkatnya jumlah calon guru.

Baca Juga  Mahasiswa KKN BMC UNNES Bantu Penyembelihan Hewan Kurban

Algafry berharap, usai menyaksikan pergelaran Karnaval Merdeka Belajar di Titik Nol Yogyakarta, kegiatan seperti ini juga bisa diselanggarakan di Bangka Tengah saat perayaan Hari Guru, kita bisa menggelar karnval yang melibatkan para guru dan sekolah yang ada di Bangka Tengah.

Sementara itu, mewakil Bupati Bangka Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah Iskandar, menerima secara langsung, Anugerah Merdeka Belajar, Kategori Tranformasi Anggaran dan Regulasi yang diserahkan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Iskandar menjelaskan, kategori yang kita raih ini, memang berkaitan dengan semua aturan-aturan dan penganggaran dalam pelaksanaan impelemtasi kurikulum merdeka, kedepannya, kita akan mencanangkan lebih baik lagi melalui pemerintah daerah sehingga implementasi kurikulum merdeka lebih maksimal lagi.

“Ini memberikan motivasi yang besar kepada kita khususnya Dinas Pendidikan serta para kepala sekolah, pengawas, dan guru di Kabupaten Bangka Tengah,” ungkapnya.

Iskandar menambahkan, kedepannya kita harapkan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan tranformasi pendidikan di Bangka Tengah,” tandasnya (RedG /*/Diskominfosta).

Komentar

Tinggalkan Komentar