oleh

Bagi Lulusan SMA dan SMK Siap-siap Daftar KIP-Kuliah 2021, Segera Dibuka

Jakarta – Berbagai cara mencerdaskan bangsa, menjadi komitmen Pemerintah melalui berbagai upayanya. Salah satunya, dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Tujuannya membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Bagi masyarakat yang tergolong tak mampu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2021. KIP Kuliah 2021 ini adalah program prioritas Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kemendikbud pada 2021.

Untuk dapat mendaftarkan diri, masyarakat bisa mengakses informasinya di halaman https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id/panduan. Di laman ini,masyarakat dapat mengetahui cara pendaftaran seputar KIP-Kuliah.

Yang jelas, bagi yang mau mendaftar KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Adanya bantuan KIP Kuliah ini, tentu memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi. KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

KIP-Kuliah untuk mendaftar seleksi SBMPN diharapkan untuk segera melengkapi berkas dan memilih seleksi SBMPN di Menu Seleksi sistem pendaftaran KIP-Kuliah. Simpan KAP dan PIN yang diperoleh untuk kemudian dimasukkan ke sistem pendaftaran SBMPN.

Namun apabila ada kendala NIK, NISN dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, Silahkan koordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data secara mandiri oleh operator di https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Cara mendaftar KIP-Kuliah 2021

Bagi siswa lulusan silahkan lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat https://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan

“Prioritas Merdeka Belajar 2021 akan fokus pada pembiayaan pendidikan, di antaranya KIP Kuliah dengan target 1,095 juta mahasiswa, KIP Sekolah dengan target 17,9 juta siswa,” kata Mendikbud, Nadiem Makarim.

Baca Juga  Rudi Dukung Program Sekolah Penggerak, 20 Sekolah Jadi Percontohan

Para calon mahasiswa dari kategori miskin yang lolos akan mendapatkan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah.

Berikut ini untuk membuat akun KIP Kuliah agar bisa mendapatkan bantuan:

  1. Klik link pendaftaran akun berikut https://kip-kuliah.kemdikbud.go.idsiswa/pendaftaran/baru
  2. Selanjutnya, anda akan diminta untuk memasukkan NIK, NISN, dan NSPN, jika tidak ada masalah silahkan klik Proses Selanjutnya
  3. Jika bermasalah seperti ada warning dengan tanda merah, maka silahkan hubungi Call Center KIP Kuliah [email protected]
  4. Bagi yang lancar di langkah kedua, akan muncul kolom pengisian email. Silahkan isi dan klik Daftarkan Akun. Saat pengisian email perhatikan pengisian huruf besar dan kecilnya karena ini akan berpengaruh pada proses pengisian.
  5. Setelah sukses melakukan pendaftaran akun, selanjutnya cek email masuk. Bisa di inbox atau jika tidak ditemukan bisa cek di bagian spam dari email yang telah kalian daftarkan sebelumnya.
  6. Jika dalam waktu 2×24 jam email dari KIP Kuliah belum dikirimkan juga, sedangkan data email yang kamu masukkan sudah benar. Maka silahkan ajukan pengiriman ulang kode pendaftaran KIP Kuliah kalian ke alamat https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/resend-email dengan memasukkan NISN kalian dan klik Kirim.

Selain mendapatkan pembiayaan perkuliahan nantinya para mahasiswa yang lolos akan mendapatkan juga bantuan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan. (RedG/Riz)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed