Pemalang – Babinsa jajaran Kodim 0711/Pemalang memberikan pelatihan PBB dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Linmas di desa binaan, antara lain Koramil 05/Ulujami dengan pimpinan Serma Trihandoyo  memberikan pelatihan kepada 65 orang Linmas di Desa Kaliprau .

Tujuan kegiatan ini, untuk mengoptimalisasi keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif dalam kehidupan Bermasyarakat, Sabtu (13/4/2019).

Diungkapkan Babinsa Desa Kaliprau Serma Trihandoyo “ Selain tugas kami membantu masyarakat binaan, Babinsa juga melatih anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam rangka Pembinaan Pertahanan Wilayah (Binwanwil) pelatihan ini juga untuk mempersiapkan pengamanan menjelang Pilpres dan Pileg serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 di seluruh Indonesia,” tandasnya.

“Kita selenggarakan pelatihan ini untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas, sehingga diharapkan kedepannya dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, Linmas sebagai bagian masyarakat harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara,” imbuhnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Kaliprau Purwadi, menyampaikan “ Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa. Sebagai anggota Linmas harus peka terhadap lingkungannya. Jadi saya himbau untuk para anggota Linmas, agar bisa melakukan deteksi dini dan lapor cepat kepada aparat terkait apabila menemukan kejanggalan di lapangan sehingga upaya cegah dini dapat dengan segera dilakukan,” tandas Purwadi. (RedG sumber Pendim0711).

Tinggalkan Komentar