oleh

Ayo Perantau Purworejo Daftar Mudik Gratis 2024, Simak Tanggalnya

Jakarta – Mudik saat Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum baik bagi masyarakat perantauan. Namun tak sedikit perantau khususnya asal Purworejo tidak bisa melakukan mudik karena terkendala biaya hingga ketersediaan transportasi.

Untuk memfasilitasi mudik lebaran 2024, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Purworejo bersama Pakuwojo Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo (Pakuwojo) menyelenggarakan mudik gratis 2024. Koordinator Lapangan (Korlap) Mudik Gratis 2024 Julianto mengatakan, pendaftaran mudik gratis sudah dibuka saat ini.

“Bagi perantau asal Purworejo bisa mendaftar secara online atau langsung kepada korlap,” ujar Julianto di sela-sela rapat koordinasi mudik gratis 2024, Jumat (23/2/2024) malam.

Menurut dia, para pendaftar harus memenuhi sejumlah persyaratan, di antaranya memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Purworejo atau perantau kelahiran Purworejo. Dan pendaftar usia 4 tahun ke atas baru memperoleh kursi.

“Untuk pendaftar 1 kartu keluarga (KK) hanya mendapat kuota 4 kursi,” bebernya.

Hal yang sama diungkapkan Korlap Sagi Mambang. Ia mengatakan, rencananya keberangkatan mudik gratis dilakukan pada 6 April 2024 mendatang. Sementara arus balik rencananya diberangkatkan 20 April 2024 nanti.

“Untuk arus balik akan diberangkatkan melalui beberapa titik, di antaranya Asrama haji Donohudan, Boyolali, terminal Bulupitu, Banyumas dan terminal Mangkang, Semarang,” bebernya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum (Ketum) Pakuwojo Rendra Kusuma Wijaya menerangkan, program mudik gratis Pakuwojo bersama Pemkab Purworejo menjadi rutinitas tahunan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kami sangat mengapresiasi program ini, karena bisa memfasilitasi perantau asal Purworejo mudik ke kampung halaman,” ujar Rendra.

Rendra berharap, pelaksanaan mudik gratis ke depan bisa lebih banyak lagi armada bus yang disediakan. Sehingga bisa membantu perantau, khususnya asal Purworejo berkumpul bersama keluarga di Hari Raya.

Baca Juga  Anak Almarhum Miftahul Huda Dijamin Pendidikan Sampai Dewasa Oleh Ansor

“Untuk tahun ini disediakan 3 armada bus. Harapan kami tahun depan bisa semakin banyak armada bus, sehingga bisa membantu saudara-saudara kita melakukan mudik lebaran,” ungkapnya.

Ia menambahkan, mudik gratis 2024 ini menjadi bagian mudik gratis Paguyuban Jawa Tengah (PJT) dan Pemerintah Provinsi (Pempro) Jawa Tengah melalui badan penghubung Jawa Tengah.(RedG /A.Kamal)

Komentar

Tinggalkan Komentar