oleh

Atasi Serangan Kawanan Kera dengan Penanaman Bibit Tanaman Buah

Wonogiri – Permasalahan serangan kawanan kera ke perkampungan maupun lahan pertanian merupakan hal yang sering dijumpai di kawasan dekat hutan di sejumlah tempat di Kabupaten Wonogiri.

Hal tersebut tentu meresahkan bagi masyarakat. Menyikapi hal tersebut Kepala Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri , Sukamto Priyo Wiyoto (45) mempunyai sebuah solusi.Ketika ditemui di rumahnya beberapa waktu lalu, dia menjelaskan penanaman bibit pohon buah adalah solusi yang efektif.

Desa Sendang yang merupakan kawasan pegunungan tentu merupakan salah satu daerah yang akrab dengan fenomena alam turunnya kera ke lahan pertanian maupun pemukiman.

“Kita akan mewajibkan setiap kepala keluarga untuk menanam 10 bibit pohon Buah Talok di lahan di dekat hutan maupun di lahan yang tidak produktif,” ujarnya.

Dia menuturkan andaikata di sebuah desa terdapat 1000 kepala keluarga, maka akan ada 10 ribu bibit pohon Buah Talok yang ditanam.

Bibit pohon Buah Talok dinilainya murah dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Selain Buah Talok dia juga menganjurkan penanaman bibit Buah Pepaya.

“Buah Talok jelas sumber makanan bagi kera, selain buah Pepaya, kera juga doyan makan daun Pepaya, bahkan sebenarnya kera juga doyan dengan rumput,” jelasnya.

Dia menambahkan pihaknya akan segera melakukan sosialiasi penanaman bibit Buah Talok dan Buah Pepaya di Desa Sendang. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar