oleh

Asean Foundation Ajak Pemuda Desa Kuta Tingkatkan Literasi Digital

Pemalang – Dalam rangka mendorong literasi digital bagi para pemuda pemudi di Desa, Asean Foundation, Asean Youth Organization bekerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten pemalang dalam hak ini Dispermades yang dilaksanakan oleh Puspindes mengelar Sustainable literacy through Library transformation dalam Pembinaan Desa Berbasis Literasi Digital di Desa Kuta, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Minggu (17/9/2023).

Sebanyak 30 pemuda pemudi Desa Kuta, diajak memahami apa itu Literasi digital, bagaimana mengenal digitalisasi saat ini, apa manfaatkan dan segi positif dalam dunia digital.

Kegiatan yang bertujuan mengedukasi masyarakat secara langsung dan tidak langsung mengenai pentingnya literasi berkelanjutan pada lingkup literasi digital; Menciptakan generasi muda yang peduli terhadap isu-isu berkelanjutan melalui pendekatan literasi digital; Meningkatkan kemampuan literasi dan minat baca pada remaja dan pemuda desa; Menciptakan ekosistem masyarakat desa berbasis literasi; Menjadi dasar pengembangan desa literasi atau desa digital di Kabupaten Pemalang. Dwngan narasumber dari Puspindes diwakili oleh Zaenal Muttaqim, dari media online lokal G-news.id Sarwo Edy, wartawan media cetak dan online Joglo Jateng Ufan Faudhil dan dimoderatori oleh Riyan Eko Prasetiya dari Asean Youth Organization.

Kepala Desa Kuta Cahyono menyambut baik kegiatan tersebut, mendorong para pemuda pemudi untuk mengambil ilmu dan manfaat dari pertemuan tersebut sehingga diharapkan mampu dan bijak dalam menggunakan teknologi digital.

Dalam kesempatan tersebut, Sarwo Edy menyampaikan agar para peserta berhati-hati dalam bermedia sosial, harus menyaring terlebih dahulu sebelum mengeshare suatu beeita atau peristiwa.

“Yang utama adalah saring sebelum sharing, jangan sampai jarimu menjadi harimaumu”, tutup Edy dalam penyampaian materinya.

Kegiatan yang di tutup dengan foto bersama ini mendapat tanggapan positif dari peserta maupun pihak Pemkab Pemalang, termasuk dari Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat. (RedG)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *