oleh

Asap Digital Polda Jambi,  di Launching Kapolri Menjadi Asap Digital Nasional

Jakarta – Sebelumnya Polda Jambi telah terlebih dahulu meluncurkan aplikasi Asap Digital yang berfungsi untuk memantau secara dini pencegahan Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla).

Hari ini Aplikasi Asap Digital Nasional resmi dilaunching di Mabes Polri, Rabu (15/9/2021). Aplikasi sistem analis pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) digital yang disebut aplikasi Asap Digital Nasional ini untuk merubah pemantauan asap yang masih dilaksanakan secara manual menjadi digital dengan memanfaatkan CCTV yang terpasang di tower PT Telkom.

Aplikasi Asap Digital Nasional ini juga bertujuan untuk melihat secara real time perkembangan karhutla dan ini merupakan dari bagian upaya untuk mewujudkan transformasi Polri dalam rangka mewujudkan penggunaan dan pemanfaatan yang berbasis data dan multi informasi.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kegiatan yang dilakukan ini adalah menyatukan seluruh potensi yang ada untuk menjadi kekuatan yang baru dalam rangka menindak lanjutin arahan Presiden untuk melakukan pencegahan dini dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dengan aplikasi Asap Digital Nasional.

Beberapa waktu lalu, Presiden RI Joko Widodo juga telah memerintahkan agar lebih memprioritaskan pencegahan karhutla. Dengan adanya kebijakan tersebut, Polri melakukan langkah-langkah terkait dengan strategi pencegahan dan penangulangan karhutla, karena saat ini Indonesia memiliki hutan nomor 3 terbesar di Dunia. Tentunya hutan di Indonesia adalah hutan yang harus terus dipertahankan karena menghasilkan oksigen dan menyimpan cadangan air dan mencegah erosi, menyuburkan tahan, dan habitat bagi flora dan fauna.

“Menjaga hutan tetap hijau dan mencegah karhutla dengan Asap Digital Nasional adalah warisan yang harus kita turunkan ke generasi muda dan anak cucu kita nanti,” ujarnya.

Terkait dengan melakukan strategi pencegahan dan penangulangan yang telah dilakukan Polri selama ini adalah memprioritaskan pencegahan pula deteksi dini, baik hotspot dengan memonitoring rutin dan meningkatkan patroli serta pemeriksaan di lapangan.

Baca Juga  Panglima TNI Lakukan Evaluasi Rutin Vaksinasi Tingkat Korem 

“Kita juga sudah membangun 3453 menara pantau bersama TNI, kita juga melakukan edukasi bersama stakeholder terkait. Dan saat ini telah terbangun kurang lebih 3212 kanal, 3583 embung yang telah selesai dan ini semuanya menjadi upaya pencegahan Karhutla,” tuturnya.

Kemudian, sesuai arahan Presiden untuk pelaku pembakar hutan dan lahan, agar dihukum bertujuan untuk menjadikan efek jera terhadap pelaku.

“Sampai dengan 2021, Kita telah menangani kurang lebih 126 kasus yang melibatkan 129 tersangka dan luas lahan terbakar 63452 Hektar. Kemudian dalam rangka penegakan hukum tersebut telah dilaksanakan penguatan terhadap instrumen hukum dalam bentuk dan melaksanakan kegiatan bersama antara Polri, Jaksa agung tentang penegakan hukum terpadu terhadap pelaku pembakaran,” jelasnya.

Kapolri mengatakan Asap Digital Nasional ini merupakan penyempurnaan kegiatan aplikasi yang telah dilaksanakan secara parsial dibeberapa wilayah yang tersebar di Indonesia seperti di Lembus lana Kaltim, pegantan kalsel, lancang kuning di Riau, Kalimantan Utara Songket, dan  Asap digital di Jambi.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini dapat menemukan titik api secara lebih cepat agar tidak terjadi kebakaran dan yang paling penting setelah mengetahui titik api tersebut maka satgas secara cepat mendatangi titik api untuk melakukan pemadaman secara cepat.

Selain itu, untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla asap digital nasional ini juga dapat digunakan untuk memantau bencana alam. Kemudian, pergerakan terhadap upaya-upaya untuk melakukan pelindungan terhadap satwa yang dilindungi di area terpantau oleh asap digital tersebut.

Kemudian juga, membantu melakukan pencegahan dan penyidikan terhadap kejahatan seperti ilegal Logging, ilegal maining, yang terjadi diwilayah yang terpantau oleh asap digital Nasional.

Berbagai unggulan Asap Digital Nasional antara lain adalah CCTV Live auto Monitoring dimana kamera CCTV yang terpasang memiliki kemampuan memantau 360 derajat dengan jangkauan 4 KM dan capaian radius 8 Km, dan dapat mencakup luas lahan kurang lebih 5026. Selain itu, bisa melakukan Zoom sebanyak 40 kali dan bisa memutar rekaman dua bulan terakhir.

Baca Juga  Pengerjaan Jembatan Tamiai, Dirlantas Polda Jambi Sebut Pengerjaan Butuh Waktu 6 Hari

“Asap Digital Nasional juga memiliki beberapa fitur yang tergabung dengan beberapa kementerian untuk memantau apakah Karhutla itu termasuk wilayah hutan tanaman industri apakah kebakaran itu masuk Hak Guna Usaha, kemudian didalam aplikasi tersebut dapat memuat atau menampilkan sumur sumur terdekat kemudian dapat dimanfaatkan oleh petugas untuk memadamkan Api,” tandasnya.

Saat ini, aplikasi Asap Digital Nasional sudah terpasang sekitar 28 CCTV di 10 Polda rawan Karhutla termasuk Polda Jambi, dan kedepan bulan desember 2021 akan dipasang 40 titik CCTV pada 10 Polda yang tentunya akan ditambh lagi di beberapa wilayah Polda yang rawan Karhutla yang tentunya akan bertahap akan terus ditingkatkan.

Untuk diketahui dari Polda yang ada di Wilayah Indonesia, Polda Jambi merupakan Polda yang terbanyak memasang CCTV di wilayah rawan karhutla, yaitu 15 CCTV yang telah terpasang.(RedG)

  • Penulis : Irwansyah
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar