oleh

Asap Digital Pendeteksi Dini Mempercepat Penanganan Karhutla

Jambi – Pendeteksian dini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui Asap Digital, dianggap  bermanfaat dalam mempercepat penanganan karhutla. Karena itu Asisten Kapolri Bidang Logistik (Aslog) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menyebutkan, pendeteksi dini itu bisa dikembangkan di jajaran Polda yang rawan karhutla.

“Tetapi ini perlu upaya-upaya, karena di dalamnya ada alat dan teknologi yang harus dibangun, termasuk jaringan internet yang harus kami pasang sehingga dapat terpantau melalui Command Center masing-masing di Polda,” katanya, Rabu (31/3/2021).

Melalui Asap digital, lanjut Firman, dapat menambah sistem pemantauan karhutla secara dini. Dengan asap digital dapat memantau hot spot (titik api) secara jelas.

“Kami bisa lihat terpantau hot spot ini sekedar panas atas atap pabrik, atau titik api. Ini bisa lebih terbaca,” katanya.

Saat masih menjabat sebagai Kapolda Jambi dulu, menurut Firman, pernah melaporkan Program Asap Digital kepada pusat dan pusat merespon dengan baik. “Harapannya waktu itu, semoga program ini diangkat ke tingkat Nasional. Dan ini sudah mulai,” harapnya.

Saat ini, PT Telkom sudah menandatangani MoU terkait program Asap Digital. Kedepan penandatanganan MoU itu juga dilakukan bersama kementerian lainnya, termasuk juga bidangnya panglima TNI dan Kapolri dengan PT Telkom.

“Semoga ini menjadi salah satu upaya mempercepat pendeteksian awal adanya titik api,” tegasnya.

Firman juga berharap kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Jambi, agar ikut berpartisipasi dalam mencegah terjadinya karhutla di Provinsi Jambi. (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed