oleh

Arus Balik Tak Ada Penyekatan, Hanya Pemeriksaan Administrasi dengan Syarat?

Semarang – Menghadapi arus balik, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi melakukan pengecekan ke lapangan ke Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu pagi (15/5/2021). Inspeksi mendadak (Sidak) Kapolda Jateng itu, untuk memastikan kesiapan petugas pasca lebaran dalam menghadapi pemeriksaan arus balik para pemudik.

Kapolda Jateng dalam kunjungannya didampingi oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dan Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit. Tidak hanya itu saja, Kapolda Jateng juga didampingi oleh Karo Ops, Karo Log, Dirlantas dan Kabidhumas Polda Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, jajaran Polda Jateng selama kegiatan penyekatan di 14 titik pos pengamanan terpadu yaitu sudah memutar balikan kendaraan sebanyak 11. 750 kendaraan.

“Bahkan pada saat arus mudik kami sudah periksa kendaraan yang memasuki wilayah Jateng sebanyak 43 Ribu kendaraan,” jelas Ahmad Luthfi. kepada wartawan, disela-sela pengecekan.

Luthfi menyebutkan, 11.750 yang sudah putar balik terdiri dari Jawa Barat ke Jateng sebanyak 7.000 kendaraan. Sedangkan, Jatim ke Jateng sebanyak 6.000 kendaran dan 5.000 kendaraan dari DIY ke Jateng.

“Hari ini, kami tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik,” ucap Luhtfi.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi memeberiketerangan seputar kesiapan arus balik (Foto: Istimewa)

Kegiatan pemeriksaan tersebut bekerjasama dengan Satgas Covid Provinsi dan Pemerintah Kota Semarang dengan melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan meninggalkan Provinsi Jawa Tengah di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung.

“Dengan catatan, apabila masyarakat kami tidak dilengkapi dengan surat surat administrasi, seperti dokumen Surat Swab, SIKM, KTP di Pos Kalikangkung, maka akan kami lakukan tes Swab Antigen di pos Kalikangkung ini,” terangnya.

Menurut Luthfi, bagi pemudik yang melakukan tes swab dan hasilnya terbukti reaktif, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat. Namun, jika terbukti negatif akan diberikan surat keterangan dan akan ditempeli stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan.

Baca Juga  Matinya Listrik, Lilin Sulut Kebakaran

“Kami sudah lakukan ini, terhitung hari ini dan kemarin sudah 7.000 yang sudah kami lakukan pemeriksaan. Dan Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait cara yang kami lakukan ini,” ungkapnya.

Bagi pemudik yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung mau keluar dari Jawa Tengah, ungkap Luthfi, petugas sudah menyiapkan swab antigen gratis. Setelah itu, kendaraan yang akan balik dan dinyatakan pemeriksaan lengkap yakni akan diberikan tanda stiker biru.

“Selain itu, ada 18 rest area yang sudah kami siapkan PPKM Mikro. Kami juga siapkan tes Swab Antigen serta memberikan imbauan kepada mereka,” pungkasnya. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar