oleh

Aplikasi Siruli, Bantu Warga Kurang Mampu Dapat Listrik

Pekalongan –  Cabang Dinas ESDM Wilayah Serayu Utara mempunyai tugas membantu Kepala Dinas ESDM dalam melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang energi dan sumber daya mineral di wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang salah satunya memperkenalkan “Aplikasi Sistem Informasi Rumah Tangga Belum Berlistrik (SIRULI)”. Aplikasi yang membantu dalam  pengelolaan database Rumah Tangga Tidak Mampu belum berlistrik serta validasi data calon penerima bantuan usulan bantuan sambungan listrik gratis bersubsidi berbasis teknologi digital.

Aplikasi tersebut merupakan satu ide/ gagasan dari Tunggul Purwono Adi, ST, Kepala Seksi Energi pada Cabang Dinas ESDM Wilayah Serayu Utara yang saat ini sedang melaksanakan implementasi Aksi Perubahan yang menjadi salah satu syarat kelulusan pada Diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas yang sedang dijalani.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa untuk penyediaan tenaga listrik, pemerintah pusat serta pemerintah Provinsi menyediakan dana untuk kelompok masyarakat tidak mampu, pembangunan sarana penyediaan tenaga listrik belum berkembang, daerah terpencil dan pedesaan.
Berdasarkan RPJMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2023, pada tahun 2018 masih terdapat 1,85 persen rumah tangga (RT) yang sebagian besar berasal dari rumah tangga miskin serta terdapat di wilayah pedesaan terpencil belum berlistrik/ belum dapat mengakses listrik listrik secara mandiri (masih menyalur/ levering) di Provinsi Jawa Tengah.

Sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2022 sebanyak 65.863 rumah tangga kurang mampu di Provinsi Jawa Tengah telah mendapatkan bantuan sambungan listrik gratis bersubsidi melalui berbagai sumber pendanaan baik APBN, APBD Provinsi, maupun melalui CSR. Dalam rangka pemenuhan akses listrik bagi masyarakat miskin menghadapi banyak tantangan, diantaranya adalah dinamika data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang diampu oleh Pusdatin Kemensos RI serta ketidaksinkronan data rumah tangga yang berhak mendapatkan subsidi listrik yang diacu oleh PLN dengan data DTKS.

Baca Juga  Ini Harapan Dandim 0710 Pekalongan Di HUT Bhayangkara ke-72

Peluncuran sekaligus sosialisasi dan pelatihan aplikasi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 September 2023 pada 2 (dua) wilayah kecamatan yang menjadi pilot project yaitu di Kecamatan Kesesi serta Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Acara dihadiri oleh OPD terkait dari Kabupaten Pekalongan, PT. PLN UP3 Pekalongan, Manager PLN ULP Wiradesa, Manager PLN ULP Kedungwuni, Pemerintah Kecamatan Kesesi dan Siwalan serta seluruh pemerintah desa di wilayah Kec. Kesesi dan Siwalan.

Aplikasi ini dapat diakses melalui alamat website https://siruli-serayuutara.properku.my.id. Website ini juga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dan khusus untuk user-password pengaplikasian dapat di akses mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga kabupaten hingga PT. PLN sebagai penyedia listriknya. Harapan dengan dibangunya aplikasi SIRULI ini adalah untuk mendukung visi dan misi  gubernur dalam hal penanganan rumah tangga miskin yang belum berlistrik.

Di tempat terpisah  Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Boedyo Dharmawan, ST. MT menyatakan mendukung pembuatan aplikasi SIRULI ini yang diharapkan dapat membantu secara cepat untuk melakukan verifikasi tentang data BNBA calon penerima bantuan sambungan listrik dalam program Penanganan Kemiskinan Ekstrim sehingga pelaksanaan kegiatan bantuan sambungan listrik gratis bersubsidi bisa optimal.

Salah satu anggota DPRD Jateng Komisi D yaitu Agung Satria N, SH, MH juga menyambut baik adanya aplikasi SIRULI ini merupakan hal yang sangat bagus dan inovatif sekali di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang sangat cepat ini. Agung j menambahkan bahwa melalui pengembangan Aplikasi Siruli ini dapat menyentuh masyarakat dan daopat dirasakan oleh masyarakat dengan cepat dan tepat, semoga menjadi terobosan teknologi yang ada kemanfaatannya.

Dalam kesempatanya Tunggul Purwono Adi, ST selaku project leader mengharapkan aplikasi SIRULI ini dapat bermanfaat dalam mendukung pemerintah dalam pemenuhan sambungan listrik gratis bukan hanya di wilayah Cabang Dinas ESDM Wilayah Serayu Utara, akan tetapi dapat dikembangkan untuk wilayah Cabang Dinas ESDM lainnya di Provinsi Jawa Tengah. (RedG/Ali)

Komentar

Tinggalkan Komentar