Wonogiri – Bertempat di Pendopo Kabupaten Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Pelaksanaan Apel Virtual dan Non Virtual Kesiapsiagaan dalam rangka Menghadapi Bencana Banjir dan Tanah Longsor Tahun 2020 di Kabupaten Wonogiri, Sabtu(31/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, Kapolres AKBP Christian Tobing, Sekda Kab Wonogiri Haryono, Kasi Intel Kejari Feby Rudi Purwanto, Kalakhar BPBD Kab. Wonogiri Bambang Haryanto, Kasat Pol PP Wonogiri Waluyo, Wakil DPRD Wonogiri Kristianto, Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, Kepala Markas PMI Wonogiri Warjo.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Wonogiri menyampaikan Menjelang memasuki musim penghujan, sikap waspada dan siaga perlu untuk dikedepankan, utamanya dalam menghadap setiap potensi kebencanaan, ini sangat penting demi menghindari jatuhnya korban jiwa atau kerusakan yang menimbulkan kerugian berupa harta dan benda yang tentunya tidak kita inginkan bersama.

Kabupaten Wonogiri merupakan daerah dengan poin potensi bencana alam sangat tinggi, dimana hampir semua potensi bencana alam ada, baik di musim kemarau maupun musim penghujan, Ini semua sebagai konsekuensi dikarenakan letak geografis Kabupaten Wonogiri yang berada di zona merah bencana alam.

Kesadaran untuk tetap hidup dengan aman di wilayah zona merah bencana alam, ditanamkan kepada segenap masyarakat dengan menerapkan prinsip mitigasi bencana alam, dari tahun ke tahun upaya memberikan kesadaran mitigasi bencana sudah dilaksanakan Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, Dandim juga menyampaikan walaupun dari BPBD kemungkinan curah hujan tinggi maupun angin terjadi di bulan Januari – Maret, akan tetapi alangkah baiknya kita sudah siap dari awal, mengingat dari tahun 2019 sudah sekian puluh kejadian, baik bencana banjir maupun tanah longsor terjadi di Wonogiri.

“Kita semua berharap, dengan adanya kesiapsiagaan kita mudah- mudahan tahun ini kita bisa mengantisipasi dengan baik, sehingga bisa meminimalisir korban, baik dari segi personil maupun materil,” ujarnya.( red )

Tinggalkan Komentar