oleh

Antisipasi Banjir,  TNI-Polri Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah di Sungai

Pati – Pergantian musim dari kemarau ke musim hujan tentunya perlu mendapat perhatian dari kita semua, apalagi disejumlah wilayah di Kabupaten Pati ini sering menjadi langganan banjir yang memang disebabkan oleh banyak faktor.

Salah satu penyebab diantaranya adalah meluapnya sungai karena tidak mampu menampung debit air yang datang karena hujan deras yang berlangsung dalam waktu lama.

Salah satu penyebab meluapnya sungai adalah karena sumbatan yang terjadi diakibatkan banyaknya sampah yang berasal dari pohon maupun ranting pohon yang hanyut terbawa arus sungai yang menumpuk disuatu tempat.

Mengatisipasi bencana banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu, anggota Koramil 04/Kayen bersama Polsek Kayen dan warga setempat bersinergi melaksanakan pembersihan sungai/ saluran Irigasi. Jumat, 03/01/2019.

Dalam kegiatan karya bakti tersebut diikuti oleh para prajurit TNI dari Koramil 04/Kayen yang dipimpin oleh Bati tuud Koramil Kayen Peltu Muji Hanif, anggota Polsek Kayen dan 15 orang warga Desa Trimulyo kecamatan Kayen.

Karya Bhakti pembersihan Saluran irigasi /Sungai yang terletak di dukuh Malangan Rt 04/5 Desa Trimulyo kecamatan Kayen ini dilaksanakan karena banyaknya sampah dari bekas ranting-ranting pohon serta sampah lainya yang sudah mulai meyumbat aliran air sungai sehingga ditakutkan apabila turun hujan akan mengganggu aliran air sungai sehingga akibatnya dapat meluap dan akan menggenangi permukiman penduduk yang dekat dengan daerah aliran sungai.

Dengan inisiatif yang dilakukan oleh Koramil, Polsek bersama warga setempat maka sepakat untuk mengangkat sampah- sampah yang menyumbat aliran sungai dengan perlengkapan serta alat seadanya.

Koordinator kegiatan Karya bakti yang juga Bati Tuud Koramil 04/Kayen Peltu Muji Hanif mengatakan, “Anggota Koramil Kayen bersama Polsek Kayen dan warga dukuh Malangan desa Trimulyo hari ini bersama-sama melaksanakan karya bakti pengangkatan sampah yang mulai menyumbat aliran air,”ucap Hanif.

Baca Juga  Saran WHO bagi Pasien Isoman Harus Punya Alat Pulse Oximeter

“Hal ini kami lakukan karena untuk antisipasi apabila turun hujan deras dalam waktu lama akan dapat mengakibatkan banjir ke pemukiman warga,”

“Kebanyakan sampah yang menyumbat sungai adalah dari ranting pohon yang terbawa oleh arus sungai,”tuturnya.

Hanif juga menyampaikan bahwa pekerjaan ini akan berlangsung lama Karena dengan keterbatasan peralatan yang digunakan sehingga harus bekerja secara manual dengan alat seadanya, namun pelan tapi pasti sebagian besar sampah dapat diangkat dari sungai sehingga apabila ada hujan besar aliran sungai menjadi lancar. (RedG /narto).

Komentar

Tinggalkan Komentar