oleh

Antisipasi Banjir, Babinsa Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Sungai

Klaten – Kerja bakti merupakan sarana untuk membangun kebersaman, kesadaran maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan, dan kenyamanan lingkungan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga.

Seperti yang dilakukan warga masyarakat Desa Jetis, Kecamatan Juwiring, bersama dengan Babinsa Jetis dan Anggota Koramil 21/Juwiring Kodim 0723/Klaten. Mereka bersinergi melaksanakan kerja bakti bertempat di sungai Bloro, Dukuh Terban, Desa Jetis, Kecamatan Juwiring, Jum’at (1/1/2021).

Ikut serta dalam kegiatan tersebut Kades Jetis Slamet Witoyo beserta Perangkat, Babinsa Desa Jetis Serma Sutarman, Petugas BBWS Klaten, Relawan Ring I Kecamatan Juwiring dan warga masyarakat Dukuh Terban, Desa Jetis, Kecamatan Juwiring berjumlah sekitar 45 orang.

Kades Jetis Slamet Witoyo di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa pembersihan sungai Bloro yang melintasi wilayah Dukuh Terban, Desa Jetis ini harus segera dilakukan, mengingat banyaknya sampah dan ranting bambu maupun kayu yang menutupi aliran sungai tersebut.

“Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan menyumbat aliran sungai yang dapat mengakibatkan banjir di sekitar bantaran sungai di Dukuh Terban, Desa Jetis ini, apalagi saat ini telah memasuki musim penghujan, “ ucap Kades.

Sementara itu Babinsa Desa Jetis Serma Sutarman menambahkan melalui gotong royong pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Desa Jetis agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan ranting pohon yang menutup aliran sungai tersebut.

“Bukan hanya jalan dan lingkungan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di sungai seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air, dapat dijadikan sarang nyamuk. Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampanhya ke sungai,“ tegas Babinsa.

Baca Juga  Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Terus Ditingkatkan Oleh Muspika Manisrenggo

Dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran Sungai Bloro dari berbagai kotoran atau sampah dan ranting yang mengganggu, diharapkan air mengalir dengan lancar sehingga terhindar dari banjir dan sungai juga terus terjaga kebersihannya.

Komentar

Tinggalkan Komentar